1. Jangan Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer atau pembersih tangan tanpa perlu dibilas memang dikenal sebagai hal yang praktis untuk membersihkan tangan. Namun hand sanitizer mengandung zat kimia yang bisa berbahaya bagi bayi baru lahir. Pada kulit bayi baru lahir yang sensitif, hand sanitizer dapat menimbulkan perih dan merah. Hand sanitizer juga berbahaya jika masuk ke dalam tubuhnya, misalnya ketika bayi memasukkan jari Moms ke dalam mulutnya. Untuk membersihkan tangan sebelum menyentuh bayi baru lahir cukup lakukan dengan mencuci tangan bersih dengan sabun.
 

source: https://wonderopolis.org/wp-content/uploads//2014/05/image.jpg

2. Jangan Merokok

Tentunya untuk tidak merokok di dekat bayi, apalagi bayi baru lahir, sudah diketahui banyak orang bahwa itu adalah hal yang berbahaya ya, Moms. Namun bukan hanya itu, Moms juga tidak boleh merokok sebelum bertemu dengan bayi baru lahir. Racun-racun yang terkandung di dalam rokok serta asapnya bisa menempel di bibir, gigi, tangan, serta pakaian. Dan tentunya racun-racun ini bisa berpindah ke bayi saat Moms menyentuh, mencium, dan menggendongnya. Jika memang Moms merokok sebelum bertemu bayi baru lahir, hendaknya Moms menyikat gigi, cuci tangan dengan sabun hingga bersih, serta mengganti pakaian terlebih dahulu.

source: http://www.sehatfresh.com/wp-content/uploads/2015/04/Bahaya-Paparan-Asap-Rokok-Bagi-Anak-696x301.jpg
baca juga

3. Jangan Mencium Sembarangan

Penyakit umum seperti batuk dan flu hingga penyakit mematikan seperti herpes dan meningitis bisa ditularkan orang dewasa kepada bayi baru lahir melalui ciuman. Untuk menghindarkan risiko, sebaiknya Moms tidak mencium bayi yang baru lahir tanpa seijin orang tuanya. Atau, agar lebih aman, gunakanlah masker.
 

source: http://www.lynellepienaar.com/wp-content/uploads/2015/03/newbornsessionlafrassleepingkissing-1100x733.jpg

4. Jangan Menggendong Sembarangan

Bayi yang baru lahir masih memiliki otot yang lemah pada lehernya sebagai penopang kepala. Maka untuk menggendongnya diperlukan teknik khusus dengan salah satu tangan Moms menopang kepalanya dalam posisi telentang. Juga saat menggendong, Moms tidak boleh mengguncangnya. Guncangan pada bayi saat digendong dapat berisiko kematian mendadak. Dan ketika Moms menggendong bayi baru lahir sambil mengobrol, pastikan bahwa tidak ada bagian dari pakaian Moms yang menutupi hidung serta mulutnya karena hal tersebut bisa membuat bayi kesulitan bernafas.

source: http://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1505546103/attached_image/kenali-berbagai-penyebab-bayi-susah-tidur-alodokter.jpg