1. Merencanakan liburan di alam

Jika selama ini sekeluarga selalu menginap di hotel saat berlibur ke luar kota, sesekali cobalah sesuatu yang berbeda. Rencanakan liburan keluarga dengan menginap di Pulau Peucang Ujung Kulon untuk merasakan hidup di pulau cagar alam atau berkemah di Gunung Salak, misalnya. Atau mau mempersiapkan diri dulu? Bisa saja. Menginaplah di resort yang menggunakan tema alam. Biasanya resort semacam itu juga memiliki program aktivitas alam untuk diikuti keluarga seperti menanam padi di sawah, memetik buah di kebun, barbeque dengan api unggun, dan sebagainya.
 

source: https://ak7.picdn.net/shutterstock/videos/30525457/thumb/1.jpg

 

2. Perkenalkan dengan alam saat masih di rumah

Sebelum terjun langsung traveling dan menginap di alam bebas, kenalkanlah mengenai alam terlebih dahulu. Anak kecil biasanya suka sekali dengan dunia fauna, maka dari situlah Moms bisa memulai. Hal-hal yang dapat dilakukan yakni membacakan dongeng tentang dunia fauna dan kehidupan di hutan, mendampingi si kecil menonton tayangan National Geographic Wild, mengajak si kecil untuk melihat cara snorkeling dan berinteraksi dengan hewan laut di YouTube, dan sebagainya. 
 

source: http://babyblay.com/wp-content/uploads/2017/01/1-2.jpg
baca juga

3. Abadikan pelajaran yang didapat dari alam sepulangnya ke rumah

Tiap kali pulang setelah traveling di alam bebas, biasakan untuk mengabadikan dan menjalani pelajaran yang didapat dari pengalaman di alam tersebut. Gunakan pula kalimat-kalimat yang santai, tidak menggurui, namun bermakna. Misalnya, "Kamu ingat tidak waktu kita berenang di laut kemarin ada sampah plastik? Kasihan ya, ikan-ikannya, rumahnya jadi kotor karena sampah yang dibuang sembarangan. Nanti kalau kamu sudah selesai makan biskuitnya, bungkusnya dibuang ke tempat sampah ya, jangan dibuang sembarangan supaya lingkungan sekitar kebersihannya tetap terjaga", dan sebagainya.
 

source: http://ghk.h-cdn.co/assets/16/04/980x652/gallery-1454002379-son-mom-conversation.jpg