USG kehamilan adalah cara untuk melihat atau mengetahui aktivitas serta perkembangan janin di dalam kandungan. Saat USG umumnya menggunakan alat yaitu transducer yang berfungsi untuk memancarkan dan menimbulkan gelombang suara untuk mengetahui ukuran, bentuk serta organ pada janin.
 
Nah, setelah itu akan muncul gambar pada layar komputer dan dokter baru akan menjelaskan dengan seksama gambar tersebut. Tak hanya itu, USG juga dapat membantu kamu untuk mendiagnosa kondisi tertentu. Manfaat USG itu sendiri untuk mengetahui usia dan letak kehamilan, posisi bayi, letak plasenta dan lainnya yang berhubungan dengan janin serta rahim.

Kamu juga tak perlu khawatir ladies! Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak efek samping buruk untuk janin dan juga ibu. Jadi USG kehamilan bisa dibilang aman dan tidak membahayakan. Tapi sebelum itu, pentingnya ibu mengetahui jenis-jenis USG kehamilan serta manfaatnya berikut ini:



1. Standar
USG standar termasuk jenis yang paling sering dilakukan. Dokter atau suster akan memegang tongkat berbentuk transducer yang kemudian akan digosokkan di atas perut untuk menghasilkan gambar dua dimensi bayi.
source: https://www.cermati.com/artikel/apa-itu-usg-2-3-dan-4d-dan-berapa-biayanya-yuk-cari-tahu-di-sini-moms
baca juga



2. Transvaginal
Transvaginal dilakukan pada awal kehamilan. Jenis USG ini memang terbilang lebih baik dibandingkan dengan USG standar. Bagi ibu yang mengalami kelebihan berat badan disarankan untuk melakukan jenis USG ini untuk mengetahui detak jantung bayi di dalam rahim dan mengetahui jika ada perubahan pada leher rahim untuk mencegah terjadinya masalah kehamilan, seperti keguguran atau kelahiran prematur. Namun, penting diketahui bahwa transvaginal hanya sebagai pelengkap bukan sebagai pengganti USG abdominal.

source: http://vseomatke.ru/submukoznaya-mioma-matki-kovarnaya-opuhol.html



3. Echocardiography Janin
USG kehamilan jenis Echocardiography bertujuan untuk memberikan secara detail bagaimana detak jantung bayi. Namun, USG ini biasanya dilakukan kepada bayi yang memiliki cacat jantung.

source: http://majalahkartini.co.id/keluarga-karier/kehamilan/waktu-yang-tepat-untuk-usg-saat-kehamilan/
baca juga



4. Doppler Imaging
Untuk mengukur apakah darah dapat mengalir dengan baik pada janin, biasanya dilakukan USG kehamilan jenis ini. Selain itu, doppler imaging juga dilakukan untuk ibu yang mengalami tekanan darah tinggi.

source: http://www.wisegeek.com/what-is-color-doppler-ultrasound.html



5. USG 3D
USG 3 dimensi akan menghasilkan gambar yang baik dan jelas karena terlihat. Jenis USG ini untuk membantu ibu mengetahui perkembang janin. Namun, alat yang digunakan untuk melakukan USG ini terbilang cukup mahal, karena itu biayanya juga cukup mahal.

source: http://babyonline.pl/zrosty-w-macicy,choroby-w-ciazy-artykul,7515,r1p1.html



6. USG 4D
USG 4D atau real time merupakan teknologi paling canggih untuk tes kehamilan. Selain dapat mengetahui perkembangan janin, ibu juga dapat melihat dengan jelas ekspresi wajah janin serta gerakannya.

source: https://id.theasianparent.com/bisakah-usg-mengungkapkan-semuanya/