1. Jangan Sering Dimandikan

Tahukah Moms, pada tubuh bayi yang baru lahir bisa dibilang tidak terlalu kotor sehingga tidak perlu terlalu sering dimandikan. Bila bayi terlalu sering dimandikan setiap hari, justru bisa menghilangkan kadar minyak alami pada tubuhnya lho. Karena minyak alami pada tubuh bayi justru bisa menjaga kulitnya dari kekeringan. Selain itu ada baiknya jangan memakai sabun batangan dan alangkah lebih baiknya Moms menggunakan sabun cair khusus untuk bayi. 

Kulit Bayi Baru Lahir Memang Sensitif, Perhatikan Cara Merawatnya Yuk Moms
source: https://www.bubhub.com.au

2. Gunakan Deterjen Khusus Pakaian Bayi

Tak hanya merawat bagian kulitnya, Moms juga harus memerhatikan cara mencuci pakaian si kecil. Ada baiknya kamu memerhatikan pemilihan deterjen khusus bayi. Karena menurut ahli kulit, ruam bisa muncul pada kulit bayi saat bersentuhan dengan baju siapapun yang bersentuhan dengannya. Bukan hanya baju, namun cuci semuanya, termasuk selimut, sprei dan handuk dengan menggunakan deterjen khusus bayi. Pastikan juga deterjen untuk mencuci tidak mengandung pewangi yang sangat menyengat.

Kulit Bayi Baru Lahir Memang Sensitif, Perhatikan Cara Merawatnya Yuk Moms
source: https://lifealth.com
baca juga

3. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Cara merawat kulit bayi baru lahir selanjutnya adalah dengan melindungi bayi dari paparan sinar matahari langsung. Namun bila moms memang harus membawanya keluar rumah dan terpapar matahari, oleskan terlebih dahulu tabir surya body lotion khusus untuk bayi, yang mempunyai komposisi alami yang tidak berbahaya. Ada baiknya gunakanlah tabir surya SPF 15 yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide sebagai pelindung dari sinar matahari.

Kulit Bayi Baru Lahir Memang Sensitif, Perhatikan Cara Merawatnya Yuk Moms
source: https://www.whattoexpect.com

4. Hindari Dulu Penggunaan Bedak Bayi
 

Bedak merupakan salah satu produk perawatan kulit bayi yang sering digunakan. Namun, Moms perlu hati-hati ketika menggunakannya untuk bayi baru lahir. Justru sebisa mungkin, Moms harus menghindarinya untuk sementara. Hal ini karena bedak bayi mengandung partikel yang amat halus sehingga dapat dengan mudah terhirup oleh bayi. Efeknya mungkin tidak baik untuk kesehatannya dan bisa masuk ke dalam paru-paru bayi. 

Kulit Bayi Baru Lahir Memang Sensitif, Perhatikan Cara Merawatnya Yuk Moms
source: http://momjunction.com