1. Faktor Usia

Resiko kanker payudara meningkat seiring usia. Sebagian besar wanita yang didiagnosis mengalami kanker payudara berusia lebih dari 40 tahun. Wanita yang menopause pada usia 55 tahun memiliki resiko signifikan lebih besar daripada wanita yang menopauses pada usia 45 tahun. Usia pada saat kehamilan pertama juga penting: kehamilan pertama setelah usia 30 tahun meningkatkan risiko dibandingkan dengan mereka yang kehamilan pertama sebelum usia 30.

Moms Wajib Tahu, 4 Hal Ini Penyebab Umum Kanker Payudara
source: https://www.health24.com

2. Faktor Genetik

Antara 5 sampai 10% dari semua kanker payudara berhubungan dengan faktor genetik. Gen BRCA1 dan BRCA2 telah diidentifikasi dan mungkin terkait dengan kanker payudara yang terjadi pada sekitar setengah dari semua keluarga dengan sejarah kanker payudara atau kanker ovarium yang sangat kuat. Kanker payudara dapat menyebar ke hati paru-paru, tulang atau otak, baik pada saat di diagnosis atau bertahun-tahun setelah kanker payudara-nya dihilangkan. 

Moms Wajib Tahu, 4 Hal Ini Penyebab Umum Kanker Payudara
source: http://ahchealthenews.com
baca juga

3. Siklus Bulanan Hormon Wanita

Kanker payudara sering dipicu oleh berulangnya siklus bulanan hormon normal wanita. Panjang masa subur, yaitu dari periode pertama sampai menopause, adalah faktor risiko. Wanita yang menopause pada usia 55 tahun memiliki resiko signifikan lebih besar daripada wanita yang menopauses pada usia 45 tahun. Selain itu indikasi munculnya kanker payudara bisa dideteksi dengan munculnya benjolan di sekitar payudara yang disertai nyeri, Gejala ini muncul akibat adanya penebalan jaringan di payudara. 

Moms Wajib Tahu, 4 Hal Ini Penyebab Umum Kanker Payudara
source: http://www.serkanoral.com

4. Kurang Olahraga
 

Tahu nggak sih Moms kalau kamu kurang atau bahkan tidak pernah sama sekali berolahraga, adalah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Seseorang yang rutin berolahraga 4 jam sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara sampai 14%. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa seorang wanita dengan aktivitas fisik yang rendah memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang memiliki kebiasaan olahraga atau aktivitas fisik yang tinggi.

Moms Wajib Tahu, 4 Hal Ini Penyebab Umum Kanker Payudara
source: http://www.cheatsheet.com