1. Persiapan Merupakan Kunci Utama

Saat mengajak anak keluar rumah, tentunya Moms akan melakukan persiapan bukan? Begitu pula saat ke supermarket. Meski hanya sebentar, tapi usahakan menyiapkan semuanya dengan baik. Cek kondisi si kecil apakah dalam keadaan fit dan bersemangat. Hindari membawa si kecil ketika sedang lapar dan mengantuk, karena dipastikan ia akan rewel di perjalanan ataupun di supermarket. Selain itu, beberapa jam sebelum ke supermarket, jangan memberikan anak camilan yang manis-manis karena bisa berisiko sugar rush atau anak jadi hiperaktif dan tidak bisa diam. 
 
1. Persiapan Merupakan Kunci Utama
source: https://www.dreamstime.com

2. Shopping List

Sebelum ke supermarket, buatlah daftar belanja lebih dulu. Jangan lupa untuk melibatkan anak membuat daftar belanja ya. Moms juga bisa meminta anak untuk menuliskan camilan favorit yang ingin dibelinya. Cara ini cukup efektif untuk membuat anak bersemangat ke supermarket dan fokus membeli produk yang ada di dalam list. 
 

3. Ingatkan Anak Menjaga Sikap di Supermaket

Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak agar bersikap manis di tempat publik seperti di supermarket. Ingatkan sebelum keluar rumah maupun saat dalam perjalanan. Katakan kepada anak untuk tetap fokus mengambil barang yang ada dalam daftar belanja. Kalau anak bersikap manis dan penurut selama di supermarket, maka Moms bisa memberikan apresiasi berupa hadiah kepadanya. 



 
3. Ingatkan Anak Menjaga Sikap di Supermaket
source: https://www.stayathomemum.com.au

4. Terima Bantuan Anak

Anak-anak sangat senang ketika diberikan kepercayaan. Jadi, saat berada di supermarket, Moms bisa meminta anak untuk mengambilkan barang yang ada di daftar belanja, seperti buah-buahan, sayuran, susu, camilan dan lainnya. Selain itu, libatkan anak untuk mendorong troli. Dengan membiarkan anak terlibat, maka dapat mendorong kemandirian dan percaya dirinya. Jangan lupa ucapkan terima kasih karena si kecil sudah membantumu ya, Moms!
 
baca juga

5. Bermain dan Belajar

Ingin agar kegiatan belanja jadi super menyenangkan? Coba ajak anak untuk bermain games selama berbelanja. Misalnya, ajak anak untuk menebak kira-kira apa yang akan dibeli. Misalnya pisang, berikan petunjuk 'buah berwarna kuning dan enak'. Selain itu, ajak ia menghitung buah yang akan dibeli, menebak nama-nama benda yang diperlihatkan di supermarket. Lewat games ini, kegiatan shopping menjadi media belajar sambil bermain yang super fun
 
5. Bermain dan Belajar
source: https://aquanhaphoto.com