Anak yang takut dibawa ke dokter memang sangat membingungkan. Mereka biasanya akan menangis dan rewel karena tetap tidak mau dibawa untuk berobat. Nah, jika kondisinya seperti ini ibu perlu menyiapkan trik khusus agar si kecil mau dibawa ke dokter. Berikut caranya:



1. Mengenali Ketakutan Si Kecil
Saat berada di dokter, rasa takut pada anak tentunya ada. Oleh karena itu, ibu diharapkan dapat menanyakan kepada si kecil apa yang membuat ia takut, setelah itu baru ibu dapat menemukan cara untuk mengatasinya, seperti mengajaknya menggambar atau bermain boneka.
 
source: http://www.gastro-israel.org.il/
baca juga



2. Bermain Dokter-dokteran
Mengajak Si Kecil bermain dokter-dokteran adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan ketakutannya. Belilah beberapa peralatan dokter serta jaketnya. Setelah itu, berikanlah imajinasi yang menyenangkan kepada anak mengenai dokter, seperti bermain seolah-olah ibu adalah seorang dokter dan Si Kecil adalah pasiennya.
 

source: http://www.mylifeisviolet.com/



3. Membawa Mainan Favoritnya
Bawalah beberapa mainan favorit anak saat sedang berkunjung ke dokter. Hal itu dapat membuatnya merasa lebih nyaman dan sibuk dengan mainannya sendiri, sehingga dapat membuat dokter lebih mudah saat memeriksanya.

source: http://alexandramoga.ro/
baca juga



4. Jangan Membohongi Anak
Sebelum dibawa ke dokter, sebaiknya ibu dapat memberikan penjelasan yang sebenarnya dan berikan alasannya. Misalnya, “nanti kamu akan disuntik agar tidak gatal-gatal lagi, rasanya seperti digigit semut dan hanya sebentar”. Tujuannya, agar ia dapat lebih siap, karena jika dibohongi dan ia merasa kaget justru malah akan membuatnya takut untuk ke dokter lagi.
 

source: http://cardiocavani.com/



5. Memeriksakan Pada Dokter yang Sama
Anak-anak akan merasa takut dan tidak nyaman saat bersama dengan orang yang ia tak kenal. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu selalu memeriksakan Si Kecil pada dokter yang sama, agar ia dapat mengenalinya. Hal itu tentunya dapat membuat dokter lebih mudah saat memeriksanya.

source: http://sofra.al/