Menurut ahli dari American Academy of Dermatology, cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi ruam popok adalah menjaga kulit bayi agar selalu kering dan bersih. Dengat perawatan yang tepat, maka biasanya ruam popok akan segera menghilang dalam tiga atau empat hari. 

Untuk mencegah dan mengatasi ruam popok, American Academy of Dermatology menyarankan beberapa tips berikut: 
 
Tips Ampuh Mencegah dan Mengobati Ruam Popok pada Bayi
source: https://www.webmd.com

 

1. Ganti Popok yang Sudah Basah atau Kotor Sesegera Mungkin

Tips paling utama dalam mencegah dan mengatasi ruam popok adalah segera ganti apabila popok sudah basah atau kotor karena BAB. Biasanya banyak orangtua yang menunggu popok penuh dulu, baru diganti. Namun, hal ini ternyata tidak tepat, Moms. Sebaiknya pakaikan si kecil popok baru meski baru dipakai sekali pipis. Mengganti sesegera mungkin akan membantu mengurangi kelembapan kulit yang merupakan salah satu faktor penyebab ruam popok. 
 
1. Ganti Popok yang Sudah Basah atau Kotor Sesegera Mungkin
source: http://www.momtastic.com

 
baca juga

2. Bersihkan Area Popok dengan Lembut

Saat membersihkan area yang tertutupi popok, lakukanlah dengan lembut. Moms bisa menggunakan lap yang telah dibasahi air bersih lalu usap perlahan bagian pantat bayi. Cara membersihkan pantat bayi laki-laki adalah dengan memulai dari area kelamin terlebih dahulu baru ke bagian pantat. Sama halnya dengan bayi perempuan, mulai dari area depan kemudian ke bagian belakang (pantat). Gunakan lap atau tisu tanpa kandungan alkohol yang berbeda saat membersihkan tiap area. Selanjutnya biarkan kering secara alami. Bagi bayi yang sudah mengalami ruam popok, sebaiknya biarkan tidak memakai popok dalam waktu yang agak lama agar merasa lebih nyaman. 
 
2. Bersihkan Area Popok dengan Lembut
source: http://currencyobserver.com

 

3. Oleskan Krim Anti Ruam

Pemakaian krim anti ruam cukup bisa diandalkan baik untuk mencegah maupun mengatasi ruam popok. Pemakaian ruam popok yang benar adalah digunakan setiap kali mengganti popok, meski bayi belum ataupun sedang mengalami ruam. Pilih krim anti ruam yang anti-bakterial dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit ya, Moms. Oleskan pada bagian yang tertutupi popok sampai merata. Setelah krim meresap ke kulit, bayi bisa langsung dipakaikan popok. 
 

3. Oleskan Krim Anti Ruam
source: http://www.babylifeindia.com

 
baca juga

4. Hubungi Dokter

Ruam popok bisa menjadi parah apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Jadi kalau melihat ruam popok menunjukkan tanda-tanda infeksi kulit seperti demam, bernanah, dan ruam tidak hilang setelah perawatan dalam waktu yang lama, segeralah ke dokter untuk memeriksakan kondisi bayi. Infeksi kulit yang dibiarkan terlalu lama bisa membahayakan kesehatan dan menyebabkan bayi rewel dan tidak nyaman setiap hari. 
 

4. Hubungi Dokter
source: https://www.pregnancybirthbaby.org.au