1. Anak Bisa Meniru

Dampak film pada anak memang cukup serius, apalagi jika Moms ingin memberikan tontonan pada anak yang tidak sesuai usianya. Jangan hanya karena ingin menyaksikan film terbaru, anak dibiarkan untuk menyaksikan adegan demi adegan yang dapat memberi efek buruk pada psikologisnya lho. Hal ini bisa menyebabkan anak meniru adegan demi adegan yang terdapat pada film action. Hal tersebut karena anak belum bisa membedakan mana hal yang nyata dan mana yang khayalan. 

Duh, Ini Dampak Buruk Film Action yang Bisa Terjadi Pada Anak, Moms!
source: http://www.in2life.gr

2. Anak Menjadi Lebih Mudah Marah

Setiap film action tentunya banyak menyajikan adegan kekerasan, kebencian, dan juga saling bertengkar. Hal ini bisa berpengaruh buruk pada anak, karena ia akan menjadi lebih mudah marah dan agresif. Tak hanya itu, karena anak belum bisa membedakan kalau yang ada di film tidak sungguhan, ia bisa saja menirukan adegan kepada temannya. Di mana dampak film pada anak bisa mengancam nyawa temannya dan ia sendiri. 

Duh, Ini Dampak Buruk Film Action yang Bisa Terjadi Pada Anak, Moms!
source: http://nationalgeographic.co.id
baca juga

3. Berkurangnya Rasa Empati

Bagi anak-anak yang menonton tayangan kekerasan akan menganggap bahwa kekerasan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan konflik atau masalah, sehingga hal ini akan mengurangi rasa empati anak-anak terhadap orang lain. Kondisi ini akan terbawa hingga anak-anak tersebut dewasa dan tumbuh menjadi kepribadian yang keras.

Duh, Ini Dampak Buruk Film Action yang Bisa Terjadi Pada Anak, Moms!
source: https://www.womanonly.cz

4 Menjadi Anak Penakut dan Cemas
 

Anak-anak akan merasa bahwa dunia ini penuh kejahatan dan tidak aman. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan menyatakan bahwa efek dari tayangan tersebut bisa membuat kecemasan seseorang meningkat. Meskipun terkadang anak-anak secara sadar mengetahui bahwa itu tidak nyata, tapi tubuhnya bereaksi seolah-olah hal tersebut nyata. Adegan kekerasan yang disaksikan di berbagai media bisa memicu mimpi buruk, depresi, gangguan tidur serta rasa takut yang berlebihan. 

Duh, Ini Dampak Buruk Film Action yang Bisa Terjadi Pada Anak, Moms!
source: http://www.socialmoms.com

Nah, karenanya, sebaiknya Moms lebih selektif lagi dalam memilihkan tontonan untuk anak. Lebih baik ajak ia tonton film anak untuk usianya, dan jika sedang tidak ada film yang cocok, maka ajak anak untuk melakukan kegiatan lain yang menyenangkan.