Seperti yang diketahui, permen, cokelat dan berbagai makanan manis adalah makanan favorit anak-anak. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab rusaknya gigi mereka. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Ibu sebaiknya dapat mengajarkan Si Kecil untuk merawat giginya sendiri bahkan sejak ia masih kecil.
 
Hal itu juga bertujuan agar saat dewasa sang buah hati memiliki gigi yang bagus, karena jika giginya dibiarkan rusak sejak kecil maka saat dewasa giginya akan tumbuh dengan tidak beraturan dan bahkan mengalami kerusakan gigi, salah satunya adalah masalah gigi berlubang.
 
Namun, ibu tak perlu khawatir karena kali ini beautynesia ingin berbagi cara merawat gigi anak dengan cara mudah dan sederhana yang dapat dilakukan di rumah:



1. Mengajaknya untuk Sikat Gigi Bersama
Saat Si Kecil berusia 2-3 tahun, Ibu mulai dapat mengajaknya untuk menyikat gigi bersama sehingga anak pun dapat melihat secara langsung dan ia juga akan cenderung akan mengikuti apa yang ia lihat dan ajarkan sejak dini. Selain itu, pada pada usia tersebut anak-anak biasanya sudah mulai bisa meludah, sehingga pentingnya bagi anak untuk bisa menjaga kesehatan giginya sendiri.

source: https://www.vebma.com/tips/Ajarkan-Anak-Gosok-Gigi/4845
baca juga



2. Memilih Sikat Gigi yang Tepat
Dalam memilih sikat gigi ibu juga sebaiknya dapat memilihnya dengan cermat yang sesuai dengan kebutuhan anak, seperti sikat gigi yang memiliki pegangan lebar dan berbulu sikat rata. Selain itu, pegangannya pun sebaiknya dapat disesuaikan dengan telapak tangan anak yang masih kecil.

source: https://www.tokopedia.com/mamibeli/little-tree-toothbrush-sikat-gigi-anak-bayi-balita



3. Memilih Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride
Selain sikat gigi, pasta gigi nya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil yaitu yang mengandung fluoride yang memang berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan dan dapat mengembalikan mineral gigi akibat asam dari plak bakteri dan gula. Selain itu, saat ini sudah banyak tersedia di pasaran pasta gigi untuk anak-anak yang mengandung fluoride dengan aroma buah yang disukai Si Kecil.

source: http://doktersehat.com/jangan-asal-memberi-pasta-gigi-pada-anak/
baca juga



4. Kurangi Makanan dan Minuman Manis
Anak-anak memang lebih menyukai makanan atau minuman yang manis atau yang memiliki rasa. Walaupun dapat membuat anak senang menyantap makanan dan minuman yang ia suka. Namun, nyatanya makan tersebut justru dapat membuat gigi anak menjadi rusak. Oleh sebab itu, Ibu dapat menyiasatinya dengan memberikan jus buah.

source: http://www.baptistleader.org/ask-the-expert/ask-the-expert-child-diets/



5. Rutin Periksa ke Dokter Gigi
Selain melakukan beberapa perawatan dirumah, Ibu juga dapat mulai membuat janji setiap enam bulan sekali dengan dokter gigi saat anak sudah memasuki usia satu tahun. Hal itu bertujuan agar masalah-masalah gigi yang dialaminya dapat ditangani sejak dini.

source: https://expertbeacon.com/sedation-dentistry-children-what-parents-should-know-and-expect#.WVfzdoSGOpo