1. Ajari Anak Pola Hidup Sehat 

Cara ini sangat sederhana untuk mengajarkan anak pola hidup sehat sejak dini. Moms bisa memulainya dengan membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan, terutama sebelum makan dan membilasnya hingga bersih dengan air yang mengalir. Selalu ingatkan anak untuk mencuci tangan kapan pun, terutama setelah dia bermain. Apalagi anak-anak selalu bermain dengan memegang benda apapun tanpa mempedulikan kebersihan dari kuman.

source: https://freepik.com

2. Jangan Mengajarkan Anak Untuk Makan Makanan yang Sudah Jatuh

Sebagian orang tua ada yang membiarkan anaknya memakan makanan yang sudah jatuh. Meskipun makanan yang jatuh tersebut baru beberapa menit atau detik. Padahal, tahukah Moms, sangat banyak bakteri yang menempel meski makanan tersebut baru jatuh ke lantai beberapa detik. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa makanan akan langsung ditutupi dengan bakteri meski jatuhnya hanya beberapa detik saja. Nah, Moms harus mengajari anak soal hal ini agar ia tidak sembarangan mengambil makanan yang sudah jatuh. 

source: https://freepik.com
baca juga

3. Hentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Sudah dipastikan kuku merupakan sarang penyakit jika tidak dirawat kebersihannya, terlebih jika kuku anak jarang dipotong. Dari kuku, si kecil sangat mudah kena penyakit infeksi karena kebiasaannya mengggigit-gigit kuku. Faktanya, ada banyak bakteri yang menempel pada kuku dan akan sangat mudah berpindah ketika anak sering menggigit kukunya. Tahu tiddak Moms, bakteri yang menempel pada kuku bisa menyebabkan si kecil mengalami berbagai penyakit infeksi seperti diare atau gangguan pencernaan. Jadi, untuk mencegah anak sakit, Moms harus membiasakan anak untuk tidak menggigit kuku dan mengajarkan ia agar rajin mencuci tangan. 

source: http://makassartoday.com

4. Melakukan Vaksin

Salah satu cara untuk menghindari anak mudah sakit adalah dengan melakukan vaksin. Vaksin sendiri dibuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh yang diciptakan oleh vaksin sangat berguna untuk melindungi anak dari virus dan bakteri di sekitarnya. Selain itu memberikan anak makanan yang sehat dan bergizi juga sangat penting untuk menjaga sistem imunnya. 

source: https://rsazra.co.id