1. Jaga Berat Badan 

Kanker payudara juga bisa terjadi jika Moms kelebihan berat badan akibat tidak mengatur pola makan dan jarang berolahraga. Hal ini karena lemak yang menumpuk dalam tubuh, terutama di perut, dapat menghasilkan estrogen lebih yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Tak hanya itu, kelebihan berat badan juga berhubungan dengan jenis kanker lain, seperti kanker paru, ginjal dan sebagainya. Jadi ada baiknya sedini mungkin usahakan untuk menurunkan berat badan.

source: https://freepik.com

2. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan 

Salah satu cara lainnya untuk mencegah risiko kanker payudara, ada baiknya Moms melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melihat seberapa besar risiko kamu dari riwayat keluarga yang menderita kanker payudara, siapa yang menderita dan pada usia berapa. Perlu diketahui wanita usia 40 tahun atau lebih harus melakukan skrining mamogram setiap tahun untuk memperkecil resiko terkena kanker payudara. Sudahkah Moms melakukan ini?

source: https://freepik.com
baca juga

3. Stop Daging Olahan dan Alkohol

Rutin mengonsumsi makanan sehat dan tinggi serat, moms dapat mengurangi risiko kanker payudara. Moms harus mulai membiasakan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, setidaknya 5 porsi. Pilihlah makanan yang mengandung sedikit lemak dan kalori. Hal ini dilakukan untuk menghindari kamu dari kegemukan. Laporan dari lembaga kanker WHO, International Agency for Research on Cancer menyatakan konsumsi daging olahan dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko kanker jenis tertentu tak terkecuali kanker payudara. 

source: https://freepik.com

4. Stop Pil KB

Moms perlu tahu, bahwa penggunaan pil KB, terutama jika Moms sudah berusia lebih dari 35 tahun, dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Risiko ini akan hilang saat kamu menghentikan penggunaan pil KB. Selain itu jika Moms mempunyai keturunan kanker payudara, sebaiknya bisa memilih alat kontrasepsi lain untuk mencegah kehamilan.

source: https://obrolanvatika.com