Tanda Wanita Tidak Subur

Setelah menikah, para pasangan yang memang sudah sangat menantikan kehadiran buah hati pasti akan mulai cemas ketika memasuki bulan ke-6 atau bahkan bulan ke-3 pernikahan. Padahal, pasangan baru perlu melakukan tes kesuburan apabila sudah aktif secara seksual selama 12 bulan.
 

Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur, Bisakah Dilihat Secara Fisik?
source: https://www.everydayfamily.com/


Akan tetapi, ketidaksuburan pasangan seringkali disalahkan pada kondisi reproduksi wanita. Padahal, ketidaksuburan dapat terjadi baik pada laki-laki maupun pada perempuan. Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui lebih lanjut kondisi keduanya, baik wanita maupun pria yang tidak subur.

Sayangnya, ketidaksuburan seseorang tidak bisa dilihat dari kondisi fisik saja. Dalam kasus wanita, sebagian yang memiliki tubuh kurus sulit punya anak. Akan tetapi, tidak jarang wanita yang gemuk juga dikatakan tidak subur karena beberapa faktor tertentu. Dengan kata lain, kamu tetap harus memastikan kondisi kesehatan reproduksi kepada dokter untuk mendapatkan hasil yang pasti. Meskipun begitu, terdapat gejala fisik yang menandakan ketidaksuburan pada wanita. Seperti misalnya:
 


1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Hal pertama yang mengindikasikan ketidaksuburan pada wanita adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Secara normal, siklus menstruasi wanita seharurnya terjadi berkisar 28 hingga 35 hari. Selain itu, siklus tersebut harus berjalan dengan konsisten untuk menandakan jadwal menstruasi yang normal.
 

Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur, Bisakah Dilihat Secara Fisik?
source: http://www.onuavafertility.com/


Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh kondisi hormon yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan timbulnya sindrom ovarium polikistik (PCOS), yaitu kondisi di mana folikel kecil pada ovarium tidak dapat berkembang untuk dapat menjadi folikel matang yang nantinya akan melepaskan sel telur. Itulah sebabnya kamu menjadi sulit hamil.
 

baca juga


2. Rasa Sakit Berlebih Saat Menstruasi

Selain itu, gejala lain yang juga menandakan adanya kondisi tidak subur pada wanita adalah rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi. Meskipun gejala ini bukanlah gejala yang pasti, dalam beberapa kondisi rasa sakit saat menstruasi dapat timbul akibat endometriosis, yaitu sebuah kondisi yang terjadi saat terdapat jaringan yang tumbuh dan berkembang di luar rahim. Jaringan ini biasanya ditemukan pada area panggul atau perut. Inilah yang pada akhirnya mencegah masuknya sperma sehingga tidak bisa bertemu dengan sel telur.
 

Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur, Bisakah Dilihat Secara Fisik?
source: https://www.rd.com/


 


3. Berat Badan Naik atau Turun Secara Tiba-tiba

Waspadalah saat berat badanmu turun atau naik signifikan secara tiba-tiba. Hal ini penting sebab dapat menandakan adanya permasalahan pada organ reproduksi. Dari segi kesehatan, perubahan berat badan secara tidak terduga dapat diakibatkan oleh PCOS, atau sindrom ovarium polikistik. Sebagian besar wanita yang mengalami kondisi ini memiliki kadar insulin yang cukup tinggi. Kondisi ini juga yang mengakibatkan berat badan berubah secara drastis tiba-tiba.
 

Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur, Bisakah Dilihat Secara Fisik?
source: https://2.bp.blogspot.com/


Nah, itulah beberapa tanda yang bisa kamu identifikasi sejak dini untuk mengetahui kondisi kesuburanmu. Semoga bermanfaat, ya!