Saat memberikan ASI kepada bayi ada beberapa posisi yang sebaiknya ibu lakukan demi mendapatkan keberhasilan saat menyusui dan juga menghindari kemungkinan terburuk yang akan dialami oleh bayi. Karena itu, pentingnya ibu mengetahui dan mempelajari dengan baik posisi yang benar saat memberikan ASI atau menyusui.
 
Melakukan posisi yang tepat saat menyusui tidak hanya dapat membuat bayi nyaman sehingga kebutuhan ASI bayi pun dapat terpenuhi, namun juga dapat membantu Ibu agar ASI dapat keluar lebih banyak. Berikut posisi yang benar untuk menyusui:



1. Posisi Tidur Bersisian
Posisi menyusui yang benar pertama adalah dengan tidur bersisian atau bersebelahan. Ibu tidur dengan posisi miring menghadap bayi dan tak lupa membelai kepala bayi dengan lembut dan kasih sayang.

source: https://similac.com/baby-feeding/breastfeeding/tips
baca juga



2. Posisi Menggendong
Ibu memeluk kepala bayi dengan lekuk siku tangan. Jika Ibu akan menyusui pada payudara sebelah kiri. Maka, letakkan kepala bayi pada lekuk siku kiri dan bokongnya pada telapak tangan kiri Ibu.

source: https://www.theodysseyonline.com/breastfeeding-in-public



3. Posisi Menggendong Silang
Bunda dapat menyangga kepala bayi dengan telak tangan. Jadi, apabila Ibu menyusui dengan payudara kanan, gunakanlah tangan kiri untuk memegangnya. Peluk bayi sehingga dada dan perut bayi dapat menghadap ke arah ibu. Selanjutnya, arahkan mulut bayi ke puting susu dengan ibu jari dan tangan ibu di belakang kepala dan bawah telingahnya.

source: http://perlengkapanbayiku.com/category/artikel/baju-menyusui/
baca juga



4. Posisi Mencengkram
Gendong bayi dengan salah satu tangan Ibu. Kemudian letakkan kepala bayi berada tepat di bawah payudara dan membentuk garis lurus dengan badan bayi. Posisi ini tidak hanya membuat bayi nyaman, tapi Ibu juga akan merasa nyaman karena perut ibu yang masih nyeri akibat operasi dapat terlindungi.

source: http://ibuhamildanbayisehat.blogspot.co.id/2012/02/



5. Posisi Menggendong Koala
Bayi diletakkan berhadapan dengan Ibu secara vertikal dan menunggangi paha Ibu. Lalu, lutut ibu menahan paha si bayi, sementara salah satu tangan ibu menyanggah kepala bayi.

source: https://www.verywell.com/top-breastfeeding-pillows-2758397


Itulah beberapa posisi menyusui bayi yang benar. Selain itu, perlu diketahui bahwa posisi menyusui yang benar akan menghindarkan sang buah hari terhindar dari cedera dan juga sangat baik untuk kenyamanan bayi dan juga ibu tentunya.