Tips Memberikan MPASI

Pada periode awal proses memperkenalkan makanan pada anak, Moms perlu mengetahui bahwa masa-masa ini tidak selalu mudah. Akan ada banyak sekali beragam kemungkinan seperti anak tidak mau makan hingga reaksi alergi yang timbul. Itulah sebabnya, kamu perlu mengetahui secara rinci bagaimana aturan pemberian MPASI pada bayi yang masih beradaptasi, misalnya :

  1. Jangan paksakan anak untuk memakan makanan pendamping ASI apabila ia menolak. Ingat, MPASI hanyalah asupan pendamping dan bukanlah asupan gizi utama untuk bayimu.
  2. Biarkan anak beradaptasi pada satu menu makanan dalam jangka waktu tiga hari. Hal ini penting untuk membuat anak familiar dengan satu rasa dan ibu juga dapat mengidentifikasi juga ada gejala alergi yang timbul.
  3. Perhatikan konsistensi dari makanan yang kamu berikan. Upayakan untuk memberikan anak pengenalan pada tekstur makanan secara perlahan. Mulai dari yang benar-benar halus di awal pengenalan MPASI.
  4. Utamakan untuk memberi sayur terlebih dahulu untuk membuat anak lebih familiar dengan rasanya. Jika kamu memberikan buah di awal, ia akan lebih menyukai buah dan tidak mau makan sayur karena rasa buah lebih manis dan enak.
  5. Jangan berikan garam dan gula pada menu makanan MPASI di awal. Biarkan anak mengenal rasa makanan tanpa ada campuran rasa tambahan dari gula dan garam.
  6. Hindari pemberian madu dan susu sapi. Keduanya masih belum bisa dicerna dengan baik oleh organ pencernaan bayi.
  7. Jangan menyimpan makanan pendamping ASI lebih dari 2 hari di dalam kulkas. Membuat makanan yang segar akan lebih baik untuk kesehatan si kecil.
Yum! Ini Dia Tips dan Pilihan Menu MPASI Sehat untuk Bayi 6 Bulan yang Masih Beradaptasi
source: http://momjunction.com/


 


Aturan Makan Bayi 6 Bulan

Saat akan memulai masa MPASI anak, ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk bisa memberikan MPASI dengan ketentuan yang tepat.

  1. Kenali kebiasaan minum ASI si kecil. Pemberian MPASI adalah sebuah asupan makan pendamping yang bukanlah merupakan makanan inti. ASI tetap menjadi prioritas utama. Jadi pastikan jadwal pemberian MPASI tidak bentrok dengan jadwal si kecil minum ASI.
  2. Moms dapat memulai pemberian MPASI sebanyak dua kali sehari dengan kuantitas yang bertahap. Awali MPASI pertama sebanyak dua sendok makan, tapi gunakan sendok makan bayi untuk menyuapinya pada si kecil. Jumlah ini perlahan dapat ditambah hingga dua cangkir per hari.

 

Yum! Ini Dia Tips dan Pilihan Menu MPASI Sehat untuk Bayi 6 Bulan yang Masih Beradaptasi
source: https://www.youtube.com/watch?v=vWXtdAYzjDM


 

baca juga


Rekomendasi Resep MPASI Bayi 6 Bulan

Nah, sebagai referensi, Moms dapat mencoba beberapa tutorial memasak menu MPASI untuk bayi usia 6 bulan berikut ini:

 


 


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu tahu terkait pemberian menu MPASI pada bayi usia 6 bulan. Selamat berjuang di masa MPASI si kecil, Moms!