1) Menjaga Janin di dalam Rahim Tetap Sehat

Di dalam rahim, terdapat kantung membran yang di dalamnya berisi air ketuban. Air ketuban warnanya bening dan ada juga kekuningan. Air ketuban ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah melindungi bayi dari benturan. Agar volume air ketuban tetap dalam kondisi normal, tidak kurang ataupun lebih, maka bumil wajib mengonsumsi cairan seperti yang dianjurkan.

source: http://infosehatwanita.com/masa-kehamilan/cara-menghitung-jumlah-air-ketuban-ibu-hamil-13432016.html


 

baca juga

2) Mengurangi Rasa Lelah dan Sakit Kepala

Karena perubahan hormon dan pertambahan berat badan selama hamil, kamu akan lebih mudah capek bahkan sering sekali mengalami sakit kepala dan migrain. Untuk mencegah dan mengurangi rasa tersebut, maka kamu perlu mengonsumsi air putih yang banyak. Jangan sampai tidak minum dalam waktu yang lama yah, karena bisa menimbulkan dehidrasi yang gejalanya adalah sakit kepala ringan dan mual.

source: http://www.momjunction.com/articles/benefits-of-drinking-tap-water-during-pregnancy_00360020/


 

3) Mencegah Persalinan Prematur

Ada beberapa penyebab persalinan prematur, termasuk salah satunya adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi, terutama di trimester ketiga kehamilan akan memicu kontraksi. Alhasil, persalinan datang lebih cepat dari waktu yang sudah ditetapkan.

source: https://www.healthista.com/diet-high-in-vegetables-fruit-lowers-chances-of-premature-birth/


 

baca juga

4) Mencegah Sembelit

Salah satu hal yang mengganggu saat kehamilan adalah sembelit atau sulit BAB. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka kamu dianjurkan mengonsumsi makanan berserat dan tentu saja minum air putih. Seperti serat, air putih bermanfaat untuk memperlancar saluran cerna. Jika kamu kekurangan cairan, usus besar dan usus kecil tetap bekerja seperti biasanya. Tapi, cairan dari feses akan diserap agar tetap hidrasi, sehingga BAB mengalami gangguan.

source: http://www.livestrong.com/article/502956-how-much-water-do-you-need-to-drink-in-early-pregnancy/


 

5) Menjaga Kulit Tetap Lembap

Saat hamil, ada beberapa ibu yang mengalami perubahan pada kulit, misalnya kulit menjadi kusam. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka kamu wajib mengonsumsi banyak air putih. Air putih bermanfaat untuk melembapkan kulit dan membuatnya tampak bersinar, lho mommies!

source: https://dylandsara.com/beautiful-outdoor-maternity-natalie/


Itu dia manfaat air putih bagi ibu hamil. Mulai sekarang, kamu harus banyak minum air putih selama hamil yah!