1) Mengurangi Nyeri di Bagian Dasar Panggul

Selama hamil, terutama di trimester ketiga, mommies akan merasakan nyeri di bagian dasar panggul akibat menahan dorongan janin. Untuk mengurangi nyeri ini, maka mommies dianjurkan untuk mengikuti kelas prenatal yoga. Ternyata ada beberapa gerakan yoga yang terbukti meminimalisir rasa sakit bagian panggul. Selain itu, menguatkan otot panggul sehingga mommies lebih lancar saat melahirkan.

source: https://www.aboveandbeyondacupuncture.com/benefits-of-yoga-while-pregnant/


 

2) Membantu Mengurangi Stres

Penelitian di Inggris telah membuktikan kalau yoga dapat mengurangi stres dan depresi pada ibu hamil. Para peneliti mensurvei beberapa ibu hamil yang ikut serta dalam satu sesi yoga seminggu sekali selama 8 minggu, sementara bumil lainnya hanya menjalani perawatan prenatal biasa. Hasilnya menemukan kalau bumil yang menghadiri kelas yoga mengalami penurunan tingkat kecemasan dibandingkan dengan wanita yang tidak mengikuti kelas yoga. Bahkan dengan hanya mengikuti satu sesi yoga, diketahui dapat mengurangi sepertiga tingkat kecemasan dan 14 persen hormon stres.

source: https://www.yogajournal.com/practice/yoga-for-moms-to-be


 

baca juga

3) Melatih Pernapasan

Yoga sangat erat kaitannya dengan latihan pernapasan, dan ini sangat dibutuhkan terutama saat kehamilan menginjak trimester III hingga jelang persalinan. Biasanya kebanyakan bumil mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas di bulan-bulan akhir kehamilan. Bagi yang berlatih yoga, maka akan lebih mudah dalam mengatur napas. Selain itu, teknik pernapasan yang dipelajari saat yoga bermanfaat saat mommies melahirkan secara normal.

source: http://inhabitat.com/inhabitots/8-natural-solutions-for-pregnancy-headaches/prenatal-yoga/


 

4) Membuat Rileks dan Tenang

Manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya adalah membuat pikiran dan tubuh jadi rileks dan tenang. Karena perubahan hormon selama kehamilan, maka bumil mudah sekali menjadi uring-uringan. Untuk mengatasinya maka mommies dianjurkan melakukan relaksasi salah satunya lewat gerakan yoga. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya mommies beryoga di tempat terbuka dan teduh, seperti di taman saat matahari belum terlalu terik. Dipastikan, pikiran mommies akan kembali tenang dan rileks.

source: https://www.doyouyoga.com/should-you-practice-prenatal-yoga-60733-13378/