Peran Pelindung

Sosok laki-laki dewasa yang terus menjaga dan mengawasi si kecil akan menjadi peran pelindung yang berarti bagi anak dalam tumbuh kembangnya. Bagi anak laki-laki, sosok pelindung ini akan menjadi contoh baginya untuk dapat kelak menjadi laki-laki yang pemberani dan kuat. Sedangkan bagi anak perempuan, ia akan menjadi anak yang lebih percaya diri dengan adanya peran pelindung di baliknya.
 

Jangan Sepelekan! Ini Dia Peran Penting Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.baby-chick.com/


 


Sosok yang Tegas 

Meskipun tidak bisa dipungkiri ibu juga dapat berlaku tegas pada anak, sosok ayah dalam mendisiplinkan buah hati akan terasa lebih kuat. Tidak jarang anak akan lebih patuh saat mendengar perintah ayahnya yang sudah berkata dengan lebih tegas. Jangan heran jika anak yang tumbuh kembangnya mendapatkan peran ayah yang cukup, maka ia akan menjadi anak yang disiplin.
 

Jangan Sepelekan! Ini Dia Peran Penting Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://popsugar.com/


 

baca juga


Memberikan Kepercayaan Diri Pada Anak

Berbeda dengan saat bersama ibu, waktu bersama ayah akan dilakukan dengan beragam aktivitas seru dan menyenangkan, seperti misalnya bermain bola, bermain petak umpet, hingga beragam permainan lain seperti menyusun balok atau board games lainnya. Permainan seperti ini sangat penting dalam memicu kepercayaan diri anak. Apalagi jika sudah menyangkut persaingan. 
 

Jangan Sepelekan! Ini Dia Peran Penting Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.lds.org/


 


Kecerdasan Emosi

Meskipun tidak semuanya, tetapi sebagian perempuan memiliki ketidakstabilan emosi yang sering membuat anak mudah sekali dimarahi jika berbuat salah. Berbeda dengan ayah yang lebih stabil dalam menjaga kestabilan emosinya dalam menghadapi anak. Dengan begitu, anak akan merasakan beragam kondisi emosi yang nantinya melatih anak dalam menghadapi orang-orang di sekitarnya kelak.
 

Jangan Sepelekan! Ini Dia Peran Penting Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.shutterstock.com/


Secara keseluruhan, peran ayah dan ibu tidak serta merta hanya dapat dilakukan oleh salah satu pihak. Keduanya tentu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam mendidik dan merawat anak. Yang pasti, ingat selalu bahwa peran orang tua adalah satu kesatuan yang utuh. Jadi, jangan terlalu membebankan tanggung jawab mendidik anak hanya pada satu pihak saja.