Imunisasi merupakan cara yang dilakukan untuk mencegah terjadinya atau terserangnya suatu penyakit pada tubuh manusia di masa yang akan datang. Pencegahan ini dilakukan dengan memberikan vaksin pada tubuh seseorang yang dapat merangsang sistem imun (kekebalan tubuh) agar tidak mudah terserang penyakit.

Terdapat macam-macam imunisasi pada anak, serta jadwal yang tepat untuk melaksanakan jenis imunisasi tersebut. Sebagai orangtua, tentunya kita harus memahami macam-macam imunisasi pada anak serta manfaat dan dampaknya, sehingga kemungkinan terserangnya penyakit pada anak akan menjadi lebih kecil. Seperti apa sih macam-macam imunisasi tersebut serta jadwal dan dampaknya, berikut ini adalah ulasannya!

 

1. Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi ini dilakukan pada bayi usia kurang dari 7 hari. Jenis imunisasi ini memberikan manfaat untuk mencegah terjangkitnya penyakit Hepatitis B atau yang biasa dikenal dengan penyakit kuning. Penyakit yang biasa menyerang pada bayi berumur kurang dari 7 hari ini merupakan penyakit berbahaya yang menyebabkan kerusakan pada hati. Pemberian vaksinasi Hepatitis B dilakukan sebanyak 3 kali, pertama saat bayi usia kurang dari 7 hari, kedua pada saat bayi berusia 1 bulan, dan yang terakhir pada saar bayi berusia 3 bulan.

source: http://medimoon.com/


 

baca juga

2. BCG (Bacillus Celmette-Guerin)

Pemberian vaksin BCG pada bayi usia 1-3 bulan ini akan mencegah timbulnya penyakit tubercolocis (TBC). Penyakit TBC merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kuman, dimana kuman penyebab TBC ini sulit untuk di matikan. Dengan pemberian vaksin BCG ini, maka diharapkan bayi dapat terhindar dari jenis penyakit ini.

source: https://www.babycenter.com/


 

3. Imunisasi DPT 1-4

Imunisasi yang dilakukan pada bayi usia 1 hingga 4 bulan ini bermanfaat untuk mencegah terserangnya penyakit Difteri, Pertusis, dan Tetanus. Masing-masing penyakit dapat dijelaskan sebagai berikut; Difteri yang dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan pada jantung dan saraf, Pertusis atau penyakit batuk menular yang biasa disebut dengan batuk 100 hari, serta Tetanus yang diakibatkan oleh bakteri Clostridium Tetani yang membuat anak terserang kakunya otot.

source: http://thinkingmomsrevolution.com


 

baca juga

4. Polio 1-4

Pemberian vaksin Polio pada bayi usia 1 hingga 4 bulan dapat mencegah terjadinya penyakit polio yang dapat menyebabkan seorang anak lumpuh. Dengan rutin memberikan vaksin selama 4 kali berturut-turut, vaksin ini efektif hingga 90%untuk mencegah kelumpuhan pada anak.

source: https://www.verywell.com/


 

5. Imunisasi Campak

5 imunisasi dasar wajib bagi anak yang terakhir adalah dengan memberikan vaksin campak pada saat bayi berusia 9 bulan. Pemberian vaksin campak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kulit campak yang dapat menular pada bayi. Vaksin ini hanya diberikan sekali saja pada bayi.

source: http://www.cureyogaindia.com/