Buku Gambar Mewarnai

Buku pertama yang bisa diberikan untuk anak-anak adalah buku gambar mewarnai. Moms bisa mencarikan buku cerita yang memiliki gambar yang memang dapat diwarnai oleh anak. Anak-anak akan lebih bersemangat dalam membaca buku tersebut karena terdapat aktivitas seru di dalamnya. Selain itu, kemampuan nalar anak dalam menentukan warna untuk suatu objek juga dilatih dalam mewarnai.
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=DtewkrNgVmo


 


Buku dengan Suara

Selain itu, buku dengan fitur suara juga dapat menjadi pilihan Moms untuk melatih kognitif si kecil. Kamu dapat mengajarkan anak suara-suara hewan, suara-suara alat musik, atau suara-suara lain yang dapat dihubungkan dengan aktivitas hariannya. Yang pasti buku ini juga melatih imajinasi dan indera pendengaran si kecil.
 

source: http://trusca.net/


 

baca juga


Buku Cerita atau Buku Dongeng

Selanjutnya, buku yang juga penting untuk diperkenalkan pada anak adalah buku cerita atau buku dongeng. Buku ini akan sangat membantu anak menambah kosakata dan melatihnya membaca. Tidak hanya itu, kemampuan berimajinasi, berpikir kritis dan logis, serta kreativitas anak juga dapat terasah dengan membiasakan anak membaca buku cerita.
 

source: https://huffpost.com/


 


Buku Biografi Khusus Anak

Tidak hanya buku cerita fiktif, buku kisah nyata yang menginspirasi seperti biografi tokoh-tokoh penemu atau presiden dunia juga bisa diberikan pada anak. Dengan begitu, ia akan belajar mengenal beragam tokoh penting berpengaruh yang perannya dalam dunia ini sangatlah penting. Buku seperti ini juga dapat memicu anak untuk dapat belajar lebih giat lagi jika ingin menjadi orang hebat nantinya.
 

source: https://www.skinnymom.com/


 

baca juga


Ensiklopedia

Terakhir, saat anak sudah semakin terasah kemampuan dan kemauan untuk membacanya, Moms dapat mulai memberikannya buku-buku ensiklopedia dengan tema sesuai dengan minat dan kesukaannya. Memberikan wawasan mendalam mengenai hal yang diminati akan membuat anak lebih semangat dalam belajar dan menguasai suatu hal. Tidak heran jika kamu melihat banyak sekali anak-anak cerdas di luar sana dengan usia yang masih kecil. Kebiasaan membaca memang sudah dilatih oleh orang tuanya sejak sangat dini.
 

source: https://www.nytimes.com/