Morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon di tiga bulan pertama kehamilan. Selain itu, morning sickness juga terjadinya karena penciuman ibu hamil yang meningkat dibanding sebelum hamil. Kondisi itulah yang membuat ibu hamil sangat sensitif terhadap bau dan menyebabkan  mual muntah saat hamil.
 
Namun, selain itu ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya mual muntah pada ibu hamil, seperti:

  1. Hamil anak pertama
  2. Hamil anak kembar
  3. Pernah mengalami mual muntah pada kehamilan sebelumnya
  4. Riwayat mual muntah di dalam keluarga
  5. Stres dan juga obesitas
source: http://www.wholeparent.com/2015/07/13/is-morning-sickness-beneficial-for-your-baby.html



Walaupun namanya morning sickness¸namun nyatanya ibu juga kerap akan mengalami mual muntah pada siang, malam atau bahkan sepanjang hari. Karena itu, ibu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Nah, berikut adalah beberapa cara alami mengatasi morning sickness di rumah.

1. Makan dengan porsi kecil namun sering merupakan cara utama mengatasi morning sickness. Biasanya ibu akan merasa tidak nafsu makan, namun demi sang buah hati di dalam janin ibu tetap harus mengonsumsi makanan walaupun dengan porsi yang sedikit. Selain itu, morning sickness juga akan mempengaruhi asupan nutrisi yang dapat mengganggu perkembangan janin. Namun, pilihlah makanan dengan banyak mengandung nutrisi untuk memperkuat janin.

2. Banyak minum air putih dan minumlah secara perlahan agar tidak mual. Selain itu, sebaiknya ibu minum minuman yang hangat dan jangan yang dingin atau yang beraroma tajam.

3. Ibu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang panas karena aromanya lebih tercium dibanding dengan makanan yang sudah dingin. Selain itu hindarilah makanan yang berlemak, berminyak dan juga pedas. Sebaliknya pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna dan makanan yang mengandung vitamin B6.
source: http://www.netdoctor.co.uk/conditions/pregnancy-and-family/a9140/what-should-i-eat-during-pregnancy/
baca juga


4. Saat ibu bangun pagi jangan langsung bangun dari tempat tidur. Namun, duduk dan tidur-tiduran terlebih dahulu selama beberapa menit. Selain itu, konsumsi biskuit atau roti sebelum beranjak dari tempat tidur untuk mengurangi rasa mual di pagi hari.

5. Konsumsi air jahe atau produk berbahan dasar untuk mengurangi rasa mual.

6. Asap rokok dapat memicu terjadinya mual pada ibu hamil, karena itu hindarilah asap rokok untuk mengurangi mual.

7. Udara pagi sangat baik untuk kesehatan dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Salah satu penyebab morning sickness adalah stress. Karena itu, cobalah untuk mulai berjalan-jalan di pagi hari.
source: http://www.ladycarehealth.com/top-9-tips-for-nausea-relief-in-pregnancy/