1. Tetapkan Tujuan

Karena anak-anak masih tumbuh, mungkin lebih baik untuk membantunya mempertahankan daripada menurunkan berat badan. Ketika anak tumbuh lebih tinggi tanpa menambah berat badan, ia secara alami akan menjadi lebih kurus. Untuk anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas, terus pantau jangan sampai bobotnya malah makin bertambah. Alangkah lebih baik jika bobotnya berkurang paling tidak 450 gram dalam seminggu. 
 
1. Tetapkan Tujuan
source: http://www.tribuneindia.com

 

2. Ajak Anak Beraktivitas Fisik

Setiap jenis aktivitas aerobik akan membantu anak mengeluarkan kalori. Jalan kaki, joging, bersepeda, dan bersepatu roda adalah cara hebat untuk membakar kalori. Moms juga harus mendorong anak untuk tetap aktif dengan cara lain, seperti menggunakan tangga alih-alih lift, atau berjalan daripada mengantarnya dengan mobil ke taman atau ke minimarket. 

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Ajarkan anak tentang cara diet sehat. Bukan mengurangi porsi makan, melainkan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Terapkan jadwal makan anak 3 kali sehari, diselingi 2 kali camilan. Jangan lupa selalu menyajikan sayur dan buah-buah untuk anak. Ketimbang minuman manis, lebih baik minum air putih. Untuk pilihan camilan bisa berupa buah, yogurt dan hindari camilan seperti keripik, puding dan makanan manis lainnya. 
 
2. Ajak Anak Beraktivitas Fisik
source: https://pixabay.com

 
baca juga

4. Berikan Pujian

Pujian atau penghargaan dapat membantu memotivasi anak untuk tetap pada diet sehatnya. Misalnya, jika anak minum air bukan soda selama seminggu, beri dia hadiah dengan kegiatan favorit atau mainan kecil. Hindari memberi hadiah pada anak berupa makanan ya, Moms! 
 
4. Berikan Pujian
source: http://www.aquaballdrink.com

 

5. Ubah Kebiasaan Makan Keluarga

Dorong anak untuk makan hanya ketika dia lapar dan bukan sebagai aktivitas. Sajikan makanan keluarga hanya di dapur atau ruang makan tanpa gangguan lain seperti televisi. Jika anak makan sambil menonton TV, ia mungkin tidak menyadari berapa banyak makanan yang ia konsumsi dan akhirnya makan berlebihan.
 
5. Ubah Kebiasaan Makan Keluarga
source: http://www.playbuzz.com

Itu dia beberapa tips untuk membantu mengubah gaya hidup dan pola makan anak agar berat badannya tidak semakin bertambah, melainkan menjadi normal kembali. Jangan pernah menyerah dalam membimbing anak ya, Moms!