1. Siapkan Camilan

Simpan camilan di kamar bayi atau di tempat Moms biasanya menyusui agar dapat tetap berenergi sepanjang hari. Mengapa meletakkan camilan di tempat tersebut? Alasannya untuk lebih mudah Moms konsumsi sebelum dan selama menyusui. Beberapa camilan sehat yang wajib dikonsumsi ibu menyusui di antaranya adalah aneka jenis buah, yogurt, biskuit dan sebagainya. Sementara camilan yang dihindari seperti keripik dan goreng-gorengan. 

2. Makan Teratur
Ibu baru masih beradaptasi dengan kehadiran bayi dan akan disibukkan dengan kegiatan mengurus bayi. Meski sibuk, Moms jangan pernah melewatkan sarapan, makan siang dan makan malam. Lebih baik memasak sendiri makanan yang bisa disimpan untuk disantap di waktu makan berikutnya. Tujuannya untuk menghemat waktu agar Moms tetap bisa mengurus si kecil. 
 
1. Siapkan Camilan
source: http://www.shieldhealthcare.com

 

3. Tetap Terhidrasi

Sangat penting untuk tetap terhidrasi selama menyusui, jadi letakkan botol berisi air di sekitar Moms atau bersebelahan dengan camilan. Untuk mengurangi kalori cair, batasi jumlah minuman manis yang Moms minum. Ibu menyusui dapat memiliki sedikit kafein, tetapi dengan jumlah sedikit sehingga bayi tidak menjadi gelisah dan sulit tidur. 

4. Ide Sarapan Cepat
Banyak orang yang menganggap sarapan tidak telalu penting dan melewatkannya. Padahal sarapan sangat penting, terutama buat ibu menyusui yang membutuhkan banyak kalori. Untuk membuat sarapan yang cepat tapi tetap sehat, Moms dapat menambahkan buah-buahan ke dalam sereal atau oatmeal. Kalau Moms tidak terbiasa dengan menu sarapan ala Barat, maka buatlah telur rebus ataupun omelet dicampur dengan sayur bayam. 
 
3. Tetap Terhidrasi
source: https://www.verywellfamily.com

 
baca juga

5. Perbanyak Asupan Kalsium

Cara diet sehat dan seimbang ibu menyusui adalah dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap. Namun, ada beberapa zat yang banyak dibutuhkan selama menyusi bayi, salah satunya kalsium. Oleh karena itu, selama menyusui pastikan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti produk susu, biji-bijian utuh dan tepung gandum utuh, sayuran berdaun, almond atau kacang lainnya. 

6. Makanan Pedas
Jika Moms menyukai makanan pedas, tidak masalah untuk terus memakannya saat sedang menyusui. Apa pun yang pedas atau mengandung gas seharusnya tidak mengganggu bayi, tetapi waspadalah terhadap kemungkinan reaksi alergi yang terjadi dalam beberapa jam menyusui. Untuk meminimalkan reaksi alergi, hindari mengonsumsi makanan pedas berlebihan dan setiap hari ya, Moms! 
 
5. Perbanyak Asupan Kalsium
source: https://nypost.com