1. Kebiasaan Merokok

William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproductive Medicine menyatakan bahwa, jika wanita merokok 10 batang per hari atau lebih, maka kesuburannya akan terganggu. Beberapa bukti menunjukan bahwa bahan kimia dalam asap rokok akan membunuh ovarium. Wanita yang merokok akan mengalami menopause lebih awal karena zat-zat tersebut akan membunuh sel telur. Duh, serem banget ya Moms?

source: http://c-hit.org

2. Obesitas

Kegemukan juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 secara langsung akan mengurangi kesuburan mereka. Untuk mengatasinya, kamu wajib melakukan diet dan olahraga teratur untuk menurunkan berat badan. Selain itu konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan serta gizi seimbang.

source: http://www.eatthis.com
baca juga

3. Hobi Ngopi

Jika Moms saat ini dalam masa mengusahakan kehamilan, batasi asupan kalori tidak lebih dari 200 mg per hari. Nah, jumlah tersebut setara dengan tiga cangkir kopi per hari lho, Moms. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi lebih banyak jus buah dan juga sayur-sayuran hijau untuk mempercepat proses program kehamilan dan kesuburan kamu.

source: http://shutterstock.com

4. Olahraga Berlebihan

Kesuburan wanita memang erat kaitannya dengan hormon dan segala kegiatan aktivitas kamu yang sebenarnya kurang tepat, seperti olahraga secara berlebihan misalnya. Sebuah studi oleh Fertility and Sterility, menyatakan bahwa wanita dengan berat badan normal yang berolahraga berat lebih dari lima jam dalam seminggu, cenderung mengalami kesulitan untuk hamil. Agar terhindar dari kondisi tersebut, sebaiknya kamu melakukan olahraga yang tergolong ringan dan sewajarnya. 

source: https://amazonaws.com