Jarak terbaik jika Moms dan suami ingin memberikan si kakak seorang adik adalah paling tidak 2 sampai 4 tahun. Hal ini karena memberi jarak antara anak pertama dan kedua memang sangat diperlukan lho Moms untuk faktor kesehatan maupun psikologi si kecil. Ini alasannya! 

1. Perhitungan Tahun

Dua sampai empat tahun merupakan angka ideal dalam menjaga jarak kehamilan dilihat dari sisi medis. Minimal satu tahun untuk memulihkan diri sepenuhnya pasca proses persalinan. Satu atau dua dua tahun berikutnya merupakan masa penyesuaian dalam merawat bayi yang baru lahir dan menyiapkan kesehatan secara signifikan. 

Hm, Sebaiknya Berapa Sih Jarak Usia yang Ideal Antara Kakak dan Adik?
source: https://www.pinterest.com

2. ASI Ekslusif

Dua tahun pertama juga merupakan waktu ideal bagi seorang bayi untuk mendapatkan air susu ibu (ASI) secara ekslusif untuk tumbuh kembang otaknya dan kesehatannya. Jika dalam masa menyusui tersebut ibu hamil lagi, maka perhatian akan terbelah dua dan mengakibatkan energi Moms akan terkuras habis. Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan anak pertama pun kurang baik, karena nutrisi ibu akan terbagi dari ASI dan janin di dalam kandungan. 

Hm, Sebaiknya Berapa Sih Jarak Usia yang Ideal Antara Kakak dan Adik?
source: http://momjunction.com
baca juga

3. Pengaruh dari Sisi Psikologi

Di Amerika, pasangan yang memiliki anak dengan jarak anak pertama dan kedua kurang dari tiga tahun sangat banyak. Hal ini dimaksudkan agar keduanya bisa tumbuh, berkembang dan bermain bersama. Namun, dari segi psikologi dimaksudkan agar rasa cemburu belum terlalu besar dan belum menyadari bahwa posisinya mulai ‘tergantikan’ oleh sang adik. Beda halnya jika berada di atas dua tahun jaraknya, maka sulit bagi si anak untuk menerima hadirnya saudara 'baru' di tengah keluarganya. 

Hm, Sebaiknya Berapa Sih Jarak Usia yang Ideal Antara Kakak dan Adik?
source: http://dailymail.co.uk

4. Dari Sisi Keuangan

Rencana memiliki anak lebih dari satu tentunya juga harus mempersiapkan soal materi. Saat jarak kelahiran kedua anak berdekatan, maka dana pembelian barang-barang bayi akan lebih banyak karena semua serba dua alias double. Termasuk koleksi mainan juga tidak variatif karena keduanya memiliki jenis mainan yang sama pula. Jika jarak anak cukup jauh, maka barang-barang anak pertama bisa diwariskan kepada anak kedua. Sang kakak pun bisa membantu Moms untuk menjaga si adik. 

Hm, Sebaiknya Berapa Sih Jarak Usia yang Ideal Antara Kakak dan Adik?
source: https://welcome-to-the-woods.com