1. Gaya Belajar Visual

Tipe anak dengan gaya belajar visual akan lebih memahami melalui apa yang mereka lihat. Warna, hubungan ruang, potret mental dan gambar menonjol dalam modalitas ini. Anak-anak tipe ini biasanya mempunyai ingatan fotografis dan mereka akan dengan mudah mengingat sesuatu dari bentuk, penampilan, warna. Anak tipe visual umumnya suka menggambar, memperhatikan detail gambar atau gejala fenomena alam di sekitarnya. Ciri-ciri anak seperti ini biasanya rapi, teratur, memperhatikan segala sesuatu dan menjaga penampilan. Selain itu dia juga dapat berbicara dengan cepat dan perencana yang baik. 

Visual, Auditori atau Kinestetik, yang Mana Gaya Belajar Anak Moms?
source: https://freepik.com

2. Tipe Belajar Auditori
 

Nah, gaya belajar anak yang kedua adalah tipe auditori, di mana lebih condong pada pendengar yang baik. Anak auditori adalah tipe anak yang konvensional, yang cocok bersekolah yang juga menerapkan cara konvensional. Misalnya guru menerangkan di depan kelas, dan anak-anak diam menyimak dan mencatat. Beberapa cara untuk mempermudah proses belajar anak auditori diantaranya  ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi di dalam kelas maupun saat di di rumah. Selain itu ajarkan anak untuk membaca materi pelajaran dengan suara keras. Semakin Moms membiasakan, maka anak akan semakin terbiasa dan mudah menerima pelajaran. 
 

Visual, Auditori atau Kinestetik, yang Mana Gaya Belajar Anak Moms?
source: https://freepik.com
baca juga

3. Tipe Belajar Kinestetik

Tipe kinestetik merupakan gaya belajar anak dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh. Nah, anak tipe ini sulit untuk duduk diam karena keinginan mereka untuk beraktivitas dan eksplorasi sangatlah kuat. Anak dengan gaya belajar seperti ini biasanya belajar melalui gerak dan sentuhan. Anak-anak kinestetik ini butuh dibantu untuk lebih fokus karena mereka suka meninggalkan begitu saja apa yang sedang ia kerjakan untuk mengerjakan hal lain.  Ciri-ciri anak kinestetik di antaranya:

  • Berbicara perlahan
  • Tidak terlalu mudah terganggu dengan suara keributan
  • Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
  • Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
Visual, Auditori atau Kinestetik, yang Mana Gaya Belajar Anak Moms?
source: https://freepik.com