Tulang keropos biasanya disebabkan karena anak mengalami osteoporosis yang terjadinya karena tulang kehilangan mineral yang menyebabkan terjadinya lubang pada tulang. Sedangkan mineral seperti kalsium yang memang berfungsi untuk mengisi kekosongan pada lubang itu. Kondisi tersebut membuat tulang anak menjadi tidak padat sehingga anak kehilangan kekuatan tubuhnya dan menyebabkan ia mudah lelah dalam beraktivitas.
 
Umumnya kondisi tersebut dialami oleh orangtua terutama bagi wanita yang sudah menopause. Namun, saat ini nyatanya masalah tersebut banyak dialami oleh anak-anak. Selain mudah lelah, pertumbuhan tinggi anak juga akan terganggu. Namun, sebaiknya segera diatasi jika Si Kecil terlihat menunjukkan tanda-tanda seperti:

  1. Anak merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti punggung bawah, pinggul atau kaki.
  2. Anak terlihat bungkuk atau tulang belakang tidak tegak.
  3. Anak juga terlhat pincang atau struktur kaki nya tidak sama.
source: https://www.rxwiki.com/feature-article/osteoporosis-affects-both-children-and-adolescents


Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya para orangtua mengetahui penyebab osteoporosis pada anak, seperti berikut:

1. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama terjadinya osteoporosis pada anak. Anak yang tidak tercukupi asupan nutrisinya akan rentan terserang penyakit. Selain itu, anak-anak yang malas melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan hanya tidur-tiduran berisiko terserang osteoporosis sejak dini. Mengapa? Karena tubuh dan tulangnya tidak dapat melatih dirinya untuk menahan beban yang mendorong kepadatan tulang.

source: https://www.dziecirosna.pl/zdrowe_dziecko/zywienie/kilka_sposobow_na_mocne_kosci.html
baca juga



2. Obat-obatan Tertentu
Anak-anak yang menderita penyakit tertentu seperti kanker, epilepsi, dan arthritis, umumnya akan rutin mengonsumsi obat-obatan. Kondisi tersebut dapat membuat anak berisiko terserang osteoporosis.

source: https://baophunuso.vn/tua-luoi-co-phai-la-benh-khong-cach-chua-tua-luoi-nao/



3. Kondisi Medis
Anak-anak yang mengalami penyakit tertentu seperti penyakit ginjal, kelainan ginjal pada tulang yang menyebabkan tulang mudah patah, diabetes maupun rematik membuat anak lebih berisiko terserang penyakit.

source: http://mirmam.pro/deti/zdorove-detey/


Namun, tak perlu khawatir karena ibu bisa melakukan langkah sederhana seperti menambah asupan kalsium Si Kecil dengan perbanyak memberikan susu. Semoga bermanfaat ya ladies!