Tipe Bukaan 

Untuk menggunakan nursing bra, Moms perlu mengetahui dulu tipe bukaannya. Setidaknya terdapat 3 tipe bukaan pada nursing bra, yakni bukaan atas, bukaan depan, dan bukaan tarik. Yang paling sering ditemui di pasaran yakni bukaan atas, dimana pengaitnya berada di antara bagian atas cup dan pangkal tali bahu. Sementara bukaan depan pengaitnya berada di antara cup kanan dan kiri. Lalu bukaan tarik yang paling praktis, dimana kedua cup letaknya saling menumpuk di tengah sehingga Moms cukup menarik salah satu cup ke samping untuk menyusui si kecil. Bra bukaan tarik ini juga disebut sleeping bra
 

source: https://www.babycenter.com/ims/2017/07/US_nursing-bra-buying-guide-3_video-still_4x3.jpg

Kawat atau Non Kawat

Sebenarnya tidak masalah jika Moms ingin menggunakan nursing bra yang berkawat maupun yang tidak berkawat. Yang dikhawatirkan adalah kawat tersebut terlalu ketat sehingga menimbulkan penyumbatan dalam produksi ASI Moms. Untuk itu, disarankan selama 3 bulan pertama Moms menggunakan nursing bra tanpa kawat dulu, baru kemudian dilanjutkan dengan nursing bra berkawat. Tapi hati-hati ya Moms, jangan sampai kawatnya telalu ketat dan menimbulkan nyeri pada payudara Moms.

source: https://hips.hearstapps.com/bpc.h-cdn.co/assets/15/46/1447606738-bella-materna-nursing-bra.jpg
baca juga

Busa dan Tanpa Busa

Nursing bra dengan atau tanpa busa juga soal selera sih, Moms. Yang jelas  Moms perlu mencoba keduanya dulu saat beraktivitas seharian agar Moms bisa memutuskan mana yang paling nyaman untuk Moms. Namun dengan atau tanpa busa, Moms amat dianjurkan untuk tetap menggunakan tambahan breast pad agar ASI yang 'bocor' tidak membasahi bra Moms. Bra yang didiamkan basah karena ASI bisa menjadi rusak serta menimbulkan gatal dan bau pada kulit payudara Moms.
 

source: http://cdn.elevenia.co.id/g/5/4/2/6/4/0/11542640_B.jpg

 

Ukuran

Payudara yang berada dalam masa menyusui ukurannya bisa berubah-ubah tergantung dari kapasitas ASI di dalamnya saat itu. Hal inilah yang membuat bra menyusui jarang yang memiliki ukuran cup dan hanya memiliki ukuran lingkar dada. Agar Moms merasa lebih nyaman, pilih saja bahan cup yang elastis sehingga bisa dengan mudah menyesuaikan dengan ukuran payudara Moms.
 

source: http://www.halfhalfparenting.com///wp-content/uploads/2017/10/CottonNonUnderWire.jpg
baca juga

Tips

Terdapat beberapa tips khusus untuk Moms yang hendak menggunakan nursing bra:

  • Mulailah membeli nursing bra saat kehamilan sudah melewati bulan ke-7.
  • Untuk awal, cukup membeli 3-4 bra dahulu untuk mengukur kenyamanannya saat sudah mulai menyusui.
  • Siapkan breast pad setidaknya 2 kali dari jumlah nursing bra yang dimiliki.
  • Cuci nursing bra dan breast pad setiap hari agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.