1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak di Indonesia. DBD yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini bisa membunuh jika anak yang terjangkit tak segera ditangani pihak rumah sakit. Untuk menghindarinya, Moms perlu tahu gejala DBD pada anak, seperti:

  • Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius
  • Nyeri di kepala, bagian belakang mata, tulang, otot, dan sendi
  • Mual dan muntah
  • Muncul bengkak pada kelenjar

Untuk menghindari DBD, Moms harus rajin untuk membersihkan segala genangan air yang ada di sekitar rumah, membersihkan penampungan air, memakaikan lotion anti nyamuk pada anak, serta memasang kelambu nyamuk di sekitar tempat tidur anak.
 

source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2015/09/Dengue-Fever-In-Children-%E2%80%93-Causes-Symptoms-Treatments.jpg

2. Diare

Diare kesannya merupakan penyakit yang sepele. Namun, nyatanya diare bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera diobati. Yang paling berbahaya dari diare adalah jika si kecil sampai dehidrasi. Selain itu, anak yang sering terkena diare terancam akan terhambat pertumbuhan tinggi badannya dan memiliki IQ rendah. Penyakit ini biasanya muncul karena kebersihan yang tidak terjaga, baik pada makanan, minuman, alat makan, lingkungan sekitar, serta pada tangan anak itu sendiri. Maka, ajarkanlah si kecil untuk selalu menjaga kebersihan sejak dini.
 

source: https://drdina.ca/wp-content/uploads/2014/07/DrDina-Kids-Health-what-is-diarrhea-1.jpg


 

baca juga

3. Tipes/Typhus

Tipes seringkali menunjukkan gejala yang mirip dengan DBD. Maka Moms perlu segera membawa si kecil ke rumah sakit jika si kecil mengalami:

  • Demam tinggi hingga mencapai 40°C
  • Sakit perut dan bisa disertai dengan diare
  • Merasa lemah, lelah, dan tubuh pegal-pegal
  • Sakit kepala dan tenggorokan
  • Sembelit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Pembesaran hati dan limfa
  • Munculnya lapisan di lidah

Seperti diare, tipes juga mudah ditularkan dari makanan dan alat makan yang tidak bersih. Sebaiknya Moms membatasi kebiasaan anak jajan di luar dan sediakanlah berbagai menu makanan buatan sendiri yang menarik di rumah agar terjamin kebersihannya.
 

source: https://www.kiddoc.com/wp-content/uploads/2016/01/kid-with-cold.jpg

4. Chikungunya

Penyakit chikungunya sempat menghebohkan Indonesia beberapa waktu lalu karena menjadi wabah di beberapa daerah. Masalah kesehatan yang satu ini membuat penderitanya demam tinggi hingga nyeri luar biasa pada otot-otot di sekujur tubuhnya. Tak jarang orang yang mengidap chikungunya menjadi sulit bergerak dan seolah lumpuh karena tak kuat menahan nyeri pada ototnya selama berminggu-minggu. Sayangnya, penyakit ini belum ada obat atau vaksinnya hingga sekarang. Virus chikungunya sendiri ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti (sama seperti DBD, hanya saja berbeda virus) dan Aedes albopictus.
 

source: https://i1.wp.com/parenting.firstcry.com/wp-content/uploads/2017/11/251473615-H.jpg?fit=1024%2C700

Nah, itulah beberapa penyakit musim hujan yang perlu Moms waspadai dan cegah jangan sampai terjadi pada anak. Semoga bermanfaat Moms!