Dampak Perceraian Pada Anak

Pada dasarnya hal mendasar yang paling berpengaruh pada anak yang menjadi korban perceraian adalah hilangnya sosok orang tua dalam kehidupannya karena setelah perceraian, ia akan memutuskan untuk tinggal bersama ibu atau ayah. Ketidaklengkapan itu berdampak pada kondisi psikologis dan emosional anak. Inilah yang nantinya akan mengakibatkan beberapa hal penting dalam tumbuh kembangnya, seperti:
 


1. Nilai Akademik Menurun

Kondisi psikologis dan mental anak yang tertekan akan mengakibatkan nilai akademiknya di sekolah menurun drastis. Hal ini terjadi hampir pada seluruh anak yang menjadi korban perceraian. Setidaknya di awal-awal masa sulit ketika orang tua berpisah, anak akan merasa sulit konsentrasi dan fokus dalam belajar. 
 

Pikirkan Baik-Baik, Ini Dia Dampak Perceraian yang Akan Terjadi Pada Anak
source: http://momjunction.com/


 

baca juga


2. Anak Sulit Bersosialisasi

Saat orang tua bercerai, anak akan menjadi lebih murung dan sulit untuk berbaur dengan teman-temannya. Hal ini tentu merupakan dampak yang langsung yang terjadi akibat anak terlalu tertekan sehingga sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika hal ini terjadi berlarut-larut, anak bisa menjadi tidak memiliki teman dan bermasalah dalam bersosialisasi. 
 

Pikirkan Baik-Baik, Ini Dia Dampak Perceraian yang Akan Terjadi Pada Anak
source: http://magicmaman.com/


 


3. Kehilangan Rasa Percaya Diri

Ketika orang tua berpisah, dua hal penting dalam hidup anak sudah tidak ada dalam satu pelukannya lagi. Hal ini tentu langsung berdampak pada kondisi mental anak, khususnya terkait rasa kepercayaan dirinya. Apalagi jika saat guru atau teman sedang berbicara tentang orang tua. Anak korban perceraian akan lebih mudah murung dan diam karena merasa tidak memiliki orang tua yang utuh.
 

Pikirkan Baik-Baik, Ini Dia Dampak Perceraian yang Akan Terjadi Pada Anak
source: http://asmadyamay.blogspot.com/


 

baca juga


4. Terjerumus ke Hal Negatif

Terakhir, jika dampak-dampak di atas dibiarkan berlarut-larut, anak akan menjadi lebih menarik diri dari lingkungan yang seharusnya ia berada. Tidak jarang ia akan menjadi lebih bandel atau nakal karena ingin mencari perhatian dari orang sekitar. Bahkan, semakin dewasa, tidak bisa dipungkiri anak korban perceraian kerap menjadi sasaran ha-hal negatif seperti obat-obatan terlarang dan pergaulan bebas karena tidak adanya proteksi inti diri, yaitu orang tua.
 

Pikirkan Baik-Baik, Ini Dia Dampak Perceraian yang Akan Terjadi Pada Anak
source: http://www.bestfamilyguide.com/


Nah, itulah beberapa dampak yang banyak terlihat pada anak-anak korban perceraian. Itulah sebabnya, Moms perlu memikirkan ulang kembali kondisi anak jika memang ada masalah dalam keluarga. Meskipun tidak dipungkiri, sebagian anak korban perceraian juga masih bisa tumbuh menjadi anak seperti pada umumnya. Tetapi, tidak bisa dipungkiri pula bahwa ketidaklengkapan orang tua pasti ada pengaruh pada diri anak.