1) Meredakan Stres

Stres tidak hanya buruk bagi wanita hamil, tapi juga bagi wanita yang sedang berusaha hamil. Stres yang berlebihan dapat menggagalkan usaha kamu dan pasangan untuk mendapatkan anak. Untuk itu, tenaga kesehatan selalu menyarankan calon ibu untuk meredakan stresnya terlebih dahulu. Salah satu cara ampuh redakan stres adalah dengan berlatih yoga. Latihan pernapasan dalam yoga akan membantu menurunkan hormon kortisol, penyebab stres yang mengganggu reproduksi. Dengan tubuh dan pikiran yang tenang dan rileks akan meningkatkan peluang seorang wanita untuk hamil.
source: https://www.doyouyoga.com/yoga/


 

2) Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah menemukan kalau wanita gemuk cenderung obesitas akan sulit hamil dibanding dengan yang memiliki berat badan normal. Nah, untuk kembali ke berat badan normal, selain mengatur pola makan yang baik, kamu juga disarankan berolahraga secara rutin, salah satunya yoga. Sekitar 400 hingga 500 kalori yang dibakar setiap melakukan satu sesi yoga. Jika rutin berlatih yoga, maka bobot badan akan turun dalam waktu singkat dan menjadi stabil.

source: http://iseebali.com/8-tips-yoga-untuk-pemula/


 

baca juga

3) Melancarkan Aliran Darah di Bagian Reproduksi

Manfaat yoga untuk kesuburan wanita selanjutnya adalah dapat memperlancar aliran darah ke bagian reproduksi terutama pada ovarium atau rahim. Ada pose yoga tertentu yang dapat mengalirkan darah mencapai rahim, sehingga menjaganya tetap dalam keadaan sehat. Tanpa adanya gangguan pada rahim, maka tak ada halangan untuk hamil.

source: https://www.yogaglo.com/


 

4) Menyeimbangkan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh ternyata bisa menyebabkan ketidaksuburan. Untuk membantu menyeimbangkan hormon, salah satu cara aman dan sehat yang bisa dilakukan adalah melalui Bikram Yoga. Bikram Yoga terbukti menyehatkan jantung dan membantu tubuh agar dapat lebih banyak menyerap oksigen. Selain itu, Bikram Yoga akan mengurangi hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon endorfin yang memberikan efek mood yang lebih baik.
source: https://www.healthxchange.sg/fitness-exercise/exercise-tips/hot-yoga-bikram-myths-facts