Adapun penyebab dan cara mengatasi sariawan pada bayi, yaitu:

Penyebab Sariawan

Sariawan adalah peradangan pada bagian mulut, yang meliput gusi, lidah, bibir dan dasar mulut. Umumnya kemerahan, bengkak dan terasa nyeri. Penyebabnya adalah kondisi mulut itu sendiri, seperti kebersihan yang buruk, terbakar oleh makanan dan minuman panas, efek pengobatan, reaksi alergi dan infeksi. Ada 2 tipe sariawan yang dijumpai pada anak yakni herpes stomatitis yang disebabkan virus herpes simpleks dan stomatitis aftosa, yang sering dihubungkan dengan anak penderita kanker. Untuk sariawan herpes bisa muncul pada anak antara usia 6 bulan hingga 5 tahun.

source: http://www.goodwp.com/tags/baby/page/3/


 

Cara Mengatasi

1) Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan si kecil, maka perhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Berikan makanan dan minuman dengan tekstur lembut dan dingin, agar bisa menyamankan nyeri yang dirasakan.
 
source: https://www.whattoexpect.com/first-year/feeding-baby/baby-feeding-problems-solutions/


2) Saat si kecil rewel karena tidak bisa menahan rasa nyeri akibat sariawan, maka segera ambil es batu dan kompres bagian yang terdapat sariawan. Kompres dengan es batu akan mengurangi rasa sakit yang dirasakannya.
 

baca juga

3) Obati luka sariawan si kecil dengan membuat campuran larutan garam. Basahi kapas dengan air garam, lalu tempelkan pada sariawannya. Selain membuatnya sendiri, larutan ini juga bisa dibeli di apotik.

source: http://qsota.com/stomatitis-and-thrush-in-children/


 

4) Bawa Ke Dokter
Jika si kecil memperlihatkan tanda-tanda seperti tidak mampu menelan makanan dan minuman, rewel sepanjang hari, demam tinggi, kesadaran menurun dan kondisinya tidak kunjung membaik dalam 3 hari, maka segera bawa ke dokter untuk diobati!

source: http://www.babycity.co.uk/babyandyou/take-baby-see-doctor/


Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi sariawan pada bayi. Semoga informasi ini bisa membantumu, mommies!