Tentang Baby Blues
Mood swing pasca melahirkan sebenarnya bukan fenomena yang baru. Umumnya di tengah kebahagiaan dan ucapan selamat dari keluarga dan sahabat, para ibu akan kebingungan menghadapi perasaan sedih yang tiba-tiba. Mendiamkannya bukanlah solusi.

Faktanya, sebanyak 70% hingga 80% perempuan yang baru melahirkan mengalami baby blues, yang ditandai dengan perasaan negatif dan mood swing. Kamu merasa kesal atau sedih tanpa alasan yang jelas. Wajar saja, tubuhmu sedang melalui banyak perubahan 
 

source: https://health.detik.com



Berapa Lama?
Jangan kuatir, karena sindrom baby blues umumnya berlangsung waktu antara 4-14 hari pertama pasca melahirkan. Coba atasi dengan mengkomunikasikan perasaan dan kebutuhanmu pada orang-orang terdekat. Ungkapkan kalau kamu akan membutuhkan bantuan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, mengurus bayi, atau mempersiapkan dirimu kembali ke kantor.
 

source: http://hamizann.blogspot.co.id/
baca juga


Postpartum Depression 
Apabila gejala-gejala baby blues bertambah parah dan berlangsung selama lebih dari dua minggu, itu adalah pertanda sindrom postpartum depression, atau depresi pasca melahirkan. Penderita postpartum depression akan merasa sedih, depresi, rasa putus asa dan tidak berdaya, rasa tidak mampu, tidak lagi tertarik pada buah hati, atau rasa khawatir yang berlebihan terkait kesehatan bayi.

Apabila menemui gejala-gejala ini, kamu perlu segera menghubungi dokter kandungan yang menangani kehamilan. Kemungkinan besar, penderita postpartum depression akan dirujuk untuk mendapatkan terapi psikologis dan obat-obatan.
 
source: https://www.verywell.com/