1. Membantu Latihan Bicara

Hubungan yang akrab antara si kecil dan binatang peliharaan akan memancing si kecil untuk berusaha berbicara. Coba perhatikan deh, Moms, walaupun sesungguhnya belum bicara, namun anak kecil akan selalu mencoba berbicara kepada binatang peliharaan. Hal ini tentunya juga sekaligus menumbuhkan kemampuan bersosialisasi pada si kecil.
 

source: https://i0.wp.com/parenting.firstcry.com/wp-content/uploads/2018/02/221785861-H.jpg?fit=1024%2C700

 

2. Melatih Rasa Percaya Diri, Disiplin, dan Tanggung Jawab 

Dengan memelihara binatang di rumah Moms, bisa membiasakan si kecil dengan tugas penuh tanggung jawab seperti memberikan binatang peliharaannya makan pada jam yang teratur atau mengajaknya jalan-jalan dan bermain. Dengan dipercaya untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut maka kepercayaan diri si kecil juga akan terbentuk.
 

source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/lJWbW-K/young-girl-feeding-pet-goldfish_nkpkj5br__F0011.png
baca juga

 

3. Membentuk Rasa Empati

Beri pengertian pada si kecil bahwa binatang peliharaan bergantung pada dirinya. Maka ia harus melatih empati dan kepekaannya akan kebutuhan binatang peliharaan tersebut. Apakah binatang peliharaannya lapar? Apakah binatang peliharaannya ketakutan mendengar petir? Apakah binatang peliharaannya sakit? Dan sebagainya.
 

source: https://www.babycenter.com/ims/2015/03/511502257_wide.jpg

4. Membantu Terapi Anak Autisme

Anak dengan kondisi autisme akan terbantu untuk menjadi lebih tenang, tidak merasa cemas atau tertekan, serta menurunkan tekanan darahnya. Begitu pula dengan anak yang memiliki trauma psikologis di masa lalu, akan terbantu dalam penyembuhan luka psikologisnya dengan memelihara binatang. Ini semua disebabkan karena dengan memelihara binatang, mereka terlatih untuk memberikan dan menerima kasih sayang tanpa syarat.
 

source: https://www.bluecross.org.uk/sites/default/files/assets/images/LWL.jpg