Membangun Kemampuan Literasi Semenjak Dini

Metode membaca nyaring dilakukan para orang tua kapanpun dan di mana pun. Orang tua membaca satu per satu kata didalam buku dengan artikulasi yang pelan, jelas serta penjiwaan yang baik. Anak yang terbiasa mendengar orang tua membaca akan memiliki kemampuan untuk mengenal bunyi, intonasi, berlatih mendengar, dan memahami kata. Jadi anak bukan sekedar mengetahui cara membaca sebuah kata saja, melainkan mengerti apa yang ia baca secara bertahap. Anak akan lebih siap saat memasuki usia sekolah, di mana ketrampilan membaca dan menulis mulai dilatih secara lebih intensif. 
source: http://ghk.h-cdn.co/assets/15/43/980x490/landscape-1445525718-father-reading-to-son.jpg

Menambah Kosa Kata Anak dan Ketrampilan Berbahasa

Penelitian yang diterbitkan oleh the National Medical Association menyebutkan bahwa anak usia dini yang berpartisipasi untuk dalam kegiatan membaca secara nyaring oleh orang tua, memiliki nilai yang tinggi dalam kemampuan bahasa. Anak memiliki kosa kata yang lebih banyak dibandingkan anak yang tidak dibiasakan dengan bacaan. Kemampuan berbahasa akan dibutuhkan anak untuk mengubungkan sebab-akibat, kejadian dalam sebuah cerita, peristiwa, tindakan serta objek yang digunakan dalam sebuah cerita. 
 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSBRSMHLef80EtkCDQcLonuXqjGw8dorYR2pDpqWsbq4tqTE2r
baca juga

Orang Tua dapat Membangun Kedekatan dengan Anak

Semakin sering orang tua membaca untuk anak sama artinya dengan semakin banyaknya waktu yang berkualitas yang orang tua berikan ke anak. Saat membacakan buku, biasanya orang tua juga memeluk atau memangku anak, dan melakukan banyak interaksi dengan anak. Hal ini memperkuat kedekatan antara orang tua dan anak. Selain itu, orang tua yang membacakan buku ke anak juga menjadi role model kebiasaan membaca bagi anak. 
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRlXF9X9SxDaZVngJrd3dl-tA8uMAKWce_ayFfCABU65si5Vja5

Melatih Anak untuk Melakukan Kebiasaan Baik

Moms, melalui buku, anak akan mendapatkan banyak hal yang bermanfaat. Selain nilai cerita, anak juga dapat mengenal arti sebuah hubungan antar Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar. Anak usia dini lebih mudah melakukan sesuatu yang menurutnya menarik, dan biasanya sesuatu ini ia dapatkan dari sebuah cerita. Selain itu,kebiasaan membaca yang teratur membuat anak memiliki pilihan kegiatan yang bermanfaat,alih-alih ia menghabiskan banyak waktu di depan layar gadget. 

source: https://o.aolcdn.com/images/dims3/GLOB/legacy_thumbnail/630x315/format/jpg/quality/85/http%3A%2F%2Fi.huffpost.com%2Fgen%2F1381394%2Fimages%2Fn-CHILD-LITERACY-BENEFITS-628x314.jpg
baca juga

Selain Menambah Pengetahuan, Anak akan Mencintai Ilmu Pengetahuan Melalui Buku

Saat membaca, tentu banyak informasi baru yang masuk. Memberikan informasi secara bertahap pada anak dapat menstimulasi kemampuan berpikir anak. Anak memiliki banyak khazanah pengetahuan baru seperti transportasi, alam sekitar, hubungan keluarga, ragam emosi dan sebagainya. Anak juga mampu mengembangkan imajinasi mereka. Sehingga kelak di kemudian hari, anak-anak ini akan menjadi anak-anak yang memiliki kemampuan belajar dan berinovasi. Tentu hal yang paling penting adalah anak menjadi suka dan dekat dengan buku dan ilmu pengetahuan itu sendiri. 

source: https://cdn.shopify.com/s/files/1/1229/1370/articles/kid_reading_book-saidaonline.jpg?v=1469466303

Nah Moms, ternyata membacakan buku secara nyaring ke anak tidak sekedar melakukan aktivitas untuk mengisi waktu. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan kemampuan anak membaca dan mencintai ilmu itu sendiri. Membuat anak menjadi bisa itu mudah, tapi membuatnya suka adalah hal yang luar biasa. Selamat belajar, Moms.