Pelunak Feses

Apabila bayi atau anak merasa kesakitan saat buang air besar, anda dapat menambahkan obat pelunak feses pada makanan bayi, untuk mempermudah proses buang air besar. Selalu konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui jenis serta takaran obat yang tepat untuk anak. Jangan terlalu sering memberikan obat pelunak feses, karena nanti anak dapat tergantung pada obat untuk buang air besar.

source: https://www.mountainside-medical.com/collections/constipation

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat dan Cairan

Adalah rahasia umum bahwa konsumsi makanan berserat adalah kunci bagi pencernaan yang lancar. Rancanglah menu yang kaya serat seperti sayur, buah, roti gandum, serta kacang-kacangan untuk anak, dan buah-buahan seperti pepaya dan prune yang dihaluskan untuk bayi. Sebagai alternatif, Moms dapat memberi suplemen serat bagi anak yang sudah cukup usia. Konsumsi yogurt juga dapat memberi asupan probiotik, bakteri baik untuk pencernaan. Selain itu, jangan lupa agar anak mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhannya.

source: http://wholesomebabyfood.momtastic.com/howmuchbabyeat.htm
baca juga

Pijat Perut atau Berendam

Rasa tidak nyaman akibat konstipasi pada bayi ternyata juga dapat dikurangi lewat massage atau berendam di air hangat lho, Moms! Sebab, keduanya dapat menenangkan otot-otot pencernaan yang kaku.  

source: https://www.babycentre.co.uk/a79/constipation

Biasakan Anak untuk Buang Air Besar

Meskipun terasa tidak nyaman, anak harus dibiasakan duduk di kloset dan berusaha buang air besar. Tujuannya agar mereka tidak menahan feses, yang dapat memperparah konstipasi. Jangan marahi anak, agar ia tidak merasa tegang dan takut buang air besar.

source: https://www.babycenter.com/toddler-potty-training-advice

Semoga bermanfaat ya, Moms!

Artikel dari: http://beautynesia.id/10793