Merawat gigi anak memanglah bukan hal yang mudah dan bisa cepat dilakukan. Diperlukan kesabaran dan trik khusus supaya anak mau rajin menyikat gigi. Apalagi jika ia gemar dengan makanan manis. Risikonya jika kamu membiarkan kebiasaan buruk anak yang seperti itu, gigi anak bisa berlubang dan jika hal itu terjadi dan semakin parah, rasanya akan sangat menyakitkan dan bisa mengakibatkan hal yang fatal lho! Jadi, jangan ambil risiko ya Ladies! Beginilah trik yang harus kamu lakukan agar anak rajin sikat gigi.


 

Berikan Rewards

source: http://health.detik.com

Rewards atau penghargaan wajib kamu berikan ketika si kecil melakukan hal baik. Daripada kamu mengancamnya dengan hukuman, pemberian penghargaan jauh lebih efektif dan bermakna untuknya. Kamu bisa mendidiknya untuk menuruti perintahmu tanpa harus melukai hatinya dengan marah-marah. Benar kan? Berikanlah hadiah seperti mainan atau buku cerita pada si kecil ketika ia rutin menggosok gigi dalam sebulan misalnya.

 

baca juga

Ajak Ia Menonton Video Tentang Merawat Gigi

source: https://okezone.com

Karena jaman sekarang ini anak kecil mudah sekali tertarik untuk bermain gadget, kamu bisa menggunakan gadget sebagai sarana untuk mendidiknya. Cobalah ajak si kecil untuk menonton kartun atau acara anak yang edukatif dan menjelaskan betapa pentingnya perawatan gigi dilakukan semenjak dini.

 

Buatlah Nyanyian Khusus Saat Si Kecil Menyikat Gigi

source: https://id.theasianparent.com

Sambil menyikat gigi, kamu bisa sambil mengajarkan lagu tentang urutan-urutan menyikat gigi atau sekedar lagu anak agar si kecil lebih bersemangat menyikat giginya. Mungkin selama ini ia tidak mau menyikat gigi karena menurutnya hal itu membosankan. Jadi, kamu harus pandai-pandai membuat suasana asik saat ia menyikat gigi ya!

 

baca juga

Berikan Pengertian Risiko Akibat Malas Sikat Gigi

source: https://health.detik.com

Jangan malah menakut-nakuti dengan hal-hal yang tidak-tidak seperti datangnya monster atau apapun itu jika sang anak malas menyikat giginya. Justru, kamu bisa memberikan penjelasan secara jujur secara simpel supaya anak mudah mengerti dan mau menyikat giginya. 

Simple, bukan?