Luangkan Waktu Untuk Anak

Kemanjaan anak sering disalahartikan oleh para orang tua dengan memberikan anak beragam mainan dan benda-benda yang diinginkan. Padahal, hal tersebut sangatlah tidak mendidik dan dapat membuat anak tumbuh menjadi seseorang yang egois dan keras kepala. Sebaliknya, hal terbaik yang perlu untuk kamu berikan untuk anak di masa-masa manjanya adalah waktu.
 

Jangan Kelewatan, Ini Dia Cara Memanjakan Anak Dengan Batasan yang Tepat
source: https://www.shutterstock.com/


Meluangkan waktu untuk anak akan sangat berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan emosi serta mental di kecil. Anak akan lebih dapat menghargai arti presence dibandingkan dengan sebuah present. Dengan meluangkan waktu kamu bisa melakukan beragam cara untuk memanjakan anak seperti :

  1. Bermain bersama dengan anak. Kamu tidak perlu membelikannya mainan mahal dan banyak, cukup dengan mengajaknya bermainan mainan buatan rumah bersama. Dijamin hal tersebut akan membangun jiwa anak lebih sederhana dan menghargai hal-hal kecil yang berarti.
  2. Membacakan anak cerita sebelum tidur. Ketika anak akan tidur, usahakan untuk selalu ada disampingnya membacakan cerita-cerita pengantar tidur. Cara ini dapat membantu anak merasakan kasih sayang orang tua dan membuat masa kecilnya lebih berkesan.


Ajak Anak Berkomunikasi

Ketika anakmu melihat temannya dimanjakan oleh orang tuanya dengan beragam mainan mahal dan banyak, berikan pengertian dengan terus mengajaknya berkomunikasi. Jelaskan apa yang kamu lakukan padanya bukan berarti kamu tidak menyayanginya. Katakan juga padanya bahwa kamu benar-benar ingin menghabiskan waktu bersamanya, bukan hanya memberikan anak mainan dan membiarkannya bermain sepuasnya.
 

Jangan Kelewatan, Ini Dia Cara Memanjakan Anak Dengan Batasan yang Tepat
source: http://www.nmbreakthroughs.org/


 

baca juga


Memberikan Kejutan

Tidak memanjakan dengan tidak menuruti keinginan anak bukan berarti menjadi orang tua yang pelit dan perhitungan. Berikanlah mainan ataupun benda yang diinginkan anak di saat ia sudah tidak lagi mengharapkannya. Dengan begitu, ia akan melihat hadiah darimu lebih dari sekadar orang tua yang menuruti keinginannya. Melainkan sebagai hadiah dari kesabaran dan kebaikannya selama ini. Ini adalah salah satu cara untuk mendidik anak dengan baik.
 

Jangan Kelewatan, Ini Dia Cara Memanjakan Anak Dengan Batasan yang Tepat
source: https://www.modernmom.com/


Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk dapat memanjakan anak dengan tepat. Semoga dengan melakukannya, kelak buah hatimu akan tumbuh menjadi anak yang penyabar, dewasa, dan mandiri.