Kebiasaan Buruk Anak

Sebagai orang tua, mendidik anak merupakan hal utama yang harus dilakukan untuk mengajarkan beragam aturan dan sopan santun dalam bersikap dan berperilaku. Tidak bisa dipungkiri, selama masa anak-anak, mereka cenderung masih terus belajar dalam memilah kebiasaan mana yang baik dan kurang baik untuk dilakukan. Itulah yang menjadikan orang tua wajib untuk mendidik anak dan mengawasinya dengan lebih baik. 
 

source: http://onlymyhealth.com/


Salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh anak adalah menggigit kuku jarinya. Tidak hanya menunjukan gesture yang kurang sopan, menggigit jari juga bisa dikatakan sebagai perilaku yang jorok dan kotor. Untuk itu, kamu perlu mengingatkan anak perlahan untuk bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut.
 


1. Ketahui Alasan Anak Menggigit Kukunya

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat dengan efektif menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku adalah mengetahui alasan ia menggigit kuku. Sebagian besar anak memiliki kebiasaan menggigit kuku sebagai sebuah gesture yang menandakan rasa grogi dan cemas. Meskipun, ada pula yang memang merasa nyaman dan menikmati kebiasaan menggigit kuku ini sendiri. 
 

source: http://www.parentingchunks.com/


 

baca juga


2. Komunikasikan Pada Anak

Jika anak masih berusia balita, katakan padanya bahwa kebiasaan menggigit kuku itu kurang baik. Jelaskan bahwa di kuku ada banyak sekali kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan si kecil sakit. Bantu anak untuk bisa menghentikan kebiasaan menggigit kuku dengan terus mengingatkan saat ia akan menggigit kukunya. Namun, apabila anak sudah mulai besar, cobalah untuk mengingatkannya pada sisi ketidaksopanan menggigit kuku di depan orang. Bantu anak mencari cara lain untuk dapat mengalihkan kebiasaan menggigit kuku seperti memberikan permen atau camilan.
 

source: http://momjunction.com/


 


3. Buat Tangan Anak Menjadi Sibuk

Selanjutnya, buatlah tangan anak menjadi sibuk dengan memberikan mainan atau pengalih lain yang lebih bermanfaat. Misalnya, kamu bisa memberikan mainan seperti rubik, squishy, atau bahkan buku gambar dan alat gambarnya untuk membuat tangan si kecil sibuk sehingga ia tidak lagi menggigiti kuku jarinya.
 

source: https://shutterstock.com/


 

baca juga


4. Gunting Kuku Anak Selalu Pendek

Pastikan kamu juga selalu memerhatikan kuku anak agar tetap selalu dalam keadaan pendek. Hal ini penting untuk membuat anak tidak lagi tertarik menggigit kukunya yang memang sudah sangat pendek. Setiap pagi, periksa kuku si kecil untuk memastikan kamu selalu memantaunya dan tidak lupa untuk memotongnya sebelum kebiasaan menggigit kuku kambuh lagi.
 

source: http://fullfitsure.com/


 


5. Oleskan Pelembap Pada Jari Tangan Anak

Terakhir, kamu juga bisa mengoleskan pelembap pada jari tangan anak sehingga ia merasa pahit saat akan menggigit kuku jarinya. Dengan begitu, anak akan enggan dan tidak mau lagi menggigit kuku jarinya karena merasa tidak enak dan pahit.
 

source: https://livestrongcdn.com/


Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebiasaan si kecil menggigit kuku jarinya. Semoga bermanfaat, Moms!