Siklus menstruasi atau haid biasanya terjadi setiap satu bulan sekali. Meski demikian, siklus haid setiap wanita pasti bisa berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui siklus haid kamu tergolong normal atau enggak, Moms perlu membuat kalendar siklus bulananmu. Siklus menstruasi masih tergolong normal jika memenuhi 3 hal ini: (1) Berlangsung selama 2-7 hari setiap siklusnya. (2) Hari pertama menstruasi dengan menstruasi siklus selanjutnya berjarak sekitar 21-35 hari. Jadi, siklus menstruasimu yang terjadi 2 bulan sekali memang tergolong tidak normal.

Siklus Haid 2 Bulan Sekali, Apakah Normal?
source: https://cz.depositphotos.com/26799805/stock-photo-woman-hygiene-protection-menstruation-period.html


Faktor penyebab haid dua bulan sekali bisa bermacam-macam. Mulai dari hamil, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, stress berat yang kamu hadapi, tubuhmu yang terlalu letih, hingga penggunaan kontrasepsi yang tidak cocok. Bahkan, haid dua bulan sekali bisa saja disebabkan oleh gangguan atau penyakit, seperti tumor di rahim, gangguan kelenjar tiroid, ataupun sindrom ovarium polikistik. Tetapi, jika Moms sudah memasuki usia menopause, hal itu mungkin yang menjadi penyebab haid dua bulan sekali yang kami alami.

Siklus Haid 2 Bulan Sekali, Apakah Normal?
source: http://www.myfatpocket.com/lifestyle/10-ways-stress-affects-women-s-health.html
baca juga
Siklus Haid 2 Bulan Sekali, Apakah Normal?
source: http://www.telegraph.co.uk/news/health/news/11003053/Some-contraceptive-pills-double-risk-of-breast-cancer.html


Tentunya, siklus haid 2 bulan sekali ini harus segera ditangani agar tidak berpotensi dalam memperburuk kondisi kesehatanmu. Beautynesian bisa melakukan penanganan sendiri secara alami yaitu dengan berolahraga ringan secara teratur, istirahat yang cukup setiap harinya, menghindari stress dengan melakukan hal-hal yang menghibur atau yang kamu sukai. serta mengonsumsi makanan sehat yang bergizi. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan yang lebih profesional untuk mendapatkan pengobatan medis yang lebih terjamin hasilnya. Kamu bisa memilih salah satu cara ini atau menggabungkan keduanya. Tetapi, satu hal yang wajib kamu lakukan ialah selalu mencatat periode menstruasimu untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penanganan yang kamu lakukan.

Siklus Haid 2 Bulan Sekali, Apakah Normal?
source: http://www.nekat18.com/2017/02/9.html
baca juga
Siklus Haid 2 Bulan Sekali, Apakah Normal?
source: http://thefederalist.com/2015/09/28/fact-check-yes-women-can-go-elsewhere-if-planned-parenthood-closes/

Artikel dari: http://beautynesia.id/12798