Mempersiapkan Stroberi

Langkah 1: Memilih Stroberi

Stroberi adalah buah yang paling mudah dihaluskan dan dibuat pure. Moms bisa membuat pure stroberi dengan buah segar maupun stroberi beku. Stroberi yang matang akan memiliki warna merah bahkan tanpa tanda hijau atau putih. Saat membeli stroberi segar, carilah buah yang bebas dari torehan, memar, dan noda lainnya. Karena stroberi adalah makanan dengan residu pestisida tertinggi, lebih baik jika Moms memilih stroberi organik.


Langkah 2: Mencuci dan Memotong Stroberi

Sebelum dicuci, hilangkan terlebih dahulu batang dan bagian atas stroberi yang berwarna hijau. Cuci stroberi dengan campuran tiga bagian air dan satu bagian cuka putih untuk menghilangkan bakteri. Bilas dengan air dingin dan keringkan. Hapus batang dan iris setiap stroberi menjadi dua, memanjang, lalu menjadi empat bagian.

Langkah 3: Menyiapkan Stroberi

Jika stroberi sudah matang, maka Moms tidak perlu mengukusnya. Jika stroberi yang tidak sepenuhnya matang atau beku, letakkan buah dalam pengukus dan masak selama tiga menit. Tiriskan stroberi dan bilas dengan air dingin selama tiga menit dalam saringan untuk mencegahnya terlalu lunak.

Sekarang Stroberi Moms siap di olah, berikut cara membuatnya.

Mempersiapkan Stroberi
source: http://www.culicurious.com/wp-content/uploads/2013/04/How-to-Puree-Strawberries-Steps-2-3.jpg?189db0&189db0

Membuat Aneka Jenis Pure Stroberi

Bahan: 
Buah stroberi matang (jika masih mentah, perhatikan langkah 3)

Cara membuat: 
Haluskan dalam food processor atau blender hingga halus. Tambahkan air seperlunya untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Untuk pure stroberi yang lebih kasar, yang ideal untuk bayi 10 bulan atau lebih, hancurkan stroberi dengan penumbuk. 

Jika stroberi sangat manis, sajikan dalam bentuk plain (tanpa tambahan gula). Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan rasa dan textur baru pada si kecil. Jika dirasa masih terlalu asam, Moms bisa menambahkan pemanis alami dengan cara mencampurkan pure dengan pure buah yang lebih manis, oatmeal, atau yogurt penuh lemak. Berikut bahan tambahan yang bisa Moms kombinasikan dengan pure stroberi :

  • Pure stroberi + Saus Apel (pure apel/pure pear)
  • Pure stroberi + Pisang yang sudah dihaluskan+ Saus mangga+Yogurt tawar
  • Pure stroberi + Alpukat
  • Pure stroberi + oat meal. 
Membuat Aneka Jenis Pure Stroberi
source: http://grainchanger.com/wp-content/uploads/Strawberry-puree-board.png
baca juga

Menyimpan Pure Stroberi

Haluskan pure stroberi (jika Anda mengukus stroberi) dan dinginkan sisa pure yang tidak dihidangkan saat itu dalam wadah bebas BPA hingga 3 hari. Bekukan pure hingga 3 bulan atau 1 malam jika disimpan dalam kulkas bagian bawah.

Menyimpan Pure Stroberi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRqTmAQfXkDlM-LQzc2Keg3jML47cU6j70oL1zdupVpiUrsB8q9kg

Catatan:
Selalu periksa dengan dokter anak sebelum memperkenalkan si kecil makanan baru, terutama jika si kecil memiliki alergi makanan. Stroberi merupakan salah satu sumber alergi lho, Moms. Untuk meminimalisir hal ini, Moms bisa mengukus stroberi terlebih dahulu sebelum di olah menjadi MPASI si kecil. Selamat mencoba, Moms.