1. Daun Sirsak

Buah sirsak yang berdaging putih dan rasanya manis ini, ternyata daunnya sangat bermanfaat. Diyakini daun sirsak dapat menyembuhkan kista yang salah satu gejanya adalah sakit perut, juga mengatasi kanker sekalipun. Hal ini telah terbukti melalui beberapa penelitian, yaitu National Cancer di Institute di AS. Sirsak ditemukan dapat mengatasi penyakit dan menghancurkan sel kanker. Selain itu, di dalam sirsak terdapat zat graviola yang berfungsi untuk menghancurkan kanker usus. Kalau diimbangi dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat, sirsak juga efektif mengobati kista ovarium yang menjadi salah satu ketakutan terbesar para perempuan. 
 
1. Daun Sirsak
source: https://hellosehat.com

 

2. Kulit Manggis

Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, kulit manggis mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk mengobati kista. Kulit manggis mengandung zat anti-kanker, anti-bakteri dan anti-oksidan yang berperan mengatasi berbagai penyakit. Untuk membuat ramuan obat dari kulit manggis cukup mudah. Kerok bagian kulit dalam manggis, lalu blender dengan air dan madu. Setelah diblender, minum jus kulit manggis ini secara teratur setiap hari. 
 

2. Kulit Manggis
source: https://familinia.com

 
baca juga

3. Kubis

Selama ini kubis dikenal sebagai sayur, namun ternyata kubis efektif untuk meringankan nyeri akibat kista payudara. Caranya adalah dengan mengambil 2 buah daun kubis yang bersih, lalu letakkan pada kedua payudara selama beberapa kurang lebih 30 menit. Kalau Moms rutin melakukan terapi ini dan diimbangi dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur, maka gejala kista seperti sakit perut, mual dan cepat lelah akan tidak terlalu terasa. 
 
3. Kubis
source: https://www.khasiat.co.id

 

4. Kunyit Putih

Sudah dari dulu diketahui kalau kunyit bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Namun, ternyata kunyit putih memili khasiat yang sangat tinggi karena dapat mengatasi kista, salah satunya kista ovarium. Kunyit putih kaya akan antioksidan dan anti-iflamasi yang kuat. Untuk membuat ramuan kunyit putih, caranya cukup mudah. Campurkan 10 gram kunyit kering  dengan temulawak putih, tapak liman kering dan pegagalan kering masing-masing 10 gram dan tambahkan 30 gram cakar ayam segar. Lalu, rebus dengan 1 liter air, sisakan setengahnya kemudian angkat setelah dingin lalu saring. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk hasil maksimal.
 

4. Kunyit Putih
source: https://www.deherba.com