Down Syndrome terjadi akibat jumlah kromosom yang lebih dalam tubuh anak. Normalnya, anak hanya memiliki 46 kromosom, yakni 23 didapat dari ibu dan 23 dari ayah. Nah, kondisi anak yang mengalami Down Syndrome disebabkan karena memiliki 47 kromosom yakni kelebihan kromosom 21 atau disebut Trisomi 21. Ini disebabkan oleh karena terdapat kelainan pada proses perkembangan telur, sperma dan embrio. Ada pula yang diturunkan secara genetik. Jika salah satu anggota keluarga mengalami kelainan ini, maka kemungkinan akan diturunkan kepada yang lain.
 
Moms, Kenali Gejala Down Syndrome pada Anak Berikut Ini!
source: http://www1.cbn.com

 

Gejala Down Syndrome

Untuk mengetahui apakah anak terkena kelainan ini, maka coba perhatikan gejalanya. Anak dengan Down Syndrome akan memperlihatkan gejala fisik dan mental. 

Gejala Fisik
  • Bentuk kepala yang lebih kecil dari normal dan tampak mendatar.
  • Paras wajah anak Down Syndrome sekilas mirip dengan wajah orang Mongol. Mata cenderung sipit, mulut kecil, pertumbuhan gigi lambat dan tidak teratur, leher pendek dan umumnya mengalami gangguan penglihatan. 
  • Mengalami gangguan mengunyah dan menelan.
  • Jari pendek dan jarak antara jari tangan maupun kaki melebar.
  • Lapisan kulit biasanya tampak keriput

Selain ciri-ciri fisik yang menojol, anak dengan Down Syndrome juga berisiko mengalami gangguan kesehatan, seperti: jantung berlubang, gangguan liver, gangguan pada sistem pencernaan dan beragam masalah kesehatan lainnya. 
 
Gejala Down Syndrome
source: https://everylifecounts.ndtv.com

 
baca juga

Masalah Perkembangan dan Gangguan Belajar

Anak Down Syndrome rata-rata mengalami gangguan perkembangan, seperti lambat berjalan, terlambat bicara, kemampuan motorik dan sensoriknya pun berkembang lamban. Itulah kenapa, anak dengan kelainan ini tidak bisa bertumbuh seperti anak normal lainnya. Selain itu, IQ mereka tergolong rendah sehingga mengalami kesulitan dalam belajar dan bersosialisasi.
 
Masalah Perkembangan dan Gangguan Belajar
source: https://www.speechbuddy.com

Kelainan Down Syndrome tidak bisa disembuhkan, melainkan hanya bisa diterapi untuk membantu anak untuk mencapai setiap tahapan perkembangannya yang sesuai. Terapi Down Syndrome di antaranya terapi fisik, terapi wicara, terapi okupasi, dan terapi sensori integrasi.