Mendaftarkan anak BPSJ kesehatan akan memberikan banyak manfaat. Saat anak sakit, Moms bisa langsung membawa anak ke rumah sakit yang bermitra dengan BPJS untuk diperiksa ataupun dirawat inap, tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak. 

Cara mendaftarkan anak BPJS kesehatan hampir sama dengan orang dewasa. Berikut panduannya: 
 
source: http://barternusantara.blogspot.co.id

 

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Beberapa dokumen yang perlu Moms siapkan saat mendaftarkan BPJS untuk anak yaitu: 
  • Fotocopy kartu keluarga (KK) satu lembar, di mana nama anak sudah tertera di dalamnya. Kalau nama anak belum masuk di KK, maka urus dulu sebelum dibawa ke kantor BPJS terdekat. 
  • Fotocopy akte kelahiran anak satu lembar. Kalau anak belum memilik akte kelahiran, maka Moms bisa menggunakan surat keterangan lahir yang biasanya diberikan oleh rumah sakit. 
  • Fotocopy surat nikah satu lembar. 
  • Foto berukuran 3x4 cm satu lembar. Ini berlaku untuk anak di atas usia 5 tahun. Untuk anak di bawah 5 tahun tidak memerlukan foto. 
  • Sediakan pula fotocopy slip gaji ataupun buku rekening, hanya untuk berjaga-jaga kalau pihak BPJS memintanya. 
source: https://www.panduanbpjs.com

 
baca juga

2. Mengisi Formulir

Setelah dokumen lengkap, Moms langsung datang ke kantor BPJS terdekat. Ambil nomor antrian, lalu isi formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Formulir berisi data standar, seperti nama anak, tempat dan tanggal lahir, NIK (lihat NIK kartu keluarga). Di formulir terdapat kolom nama faskes tingkat pertama, Moms bisa mengisinya dengan puskesmas, klinik ataupun dokter umum yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Untuk daftarnya, Moms bisa lihat di kantor BPJS, lalu tulis kode di kolom tersebut. Sama halnya dengan kolom nama faskes dokter gigi. 
Setelah semua terisi, tunggu giliran nomor antrian dipanggil, lalu serahkan formulir yang sudah diisi. 
 
source: https://www.panduanbpjs.com

 

3. Iuran dan Kartu BPJS

Saat menyerahkan formulir, Moms akan mendaptkan Virtual Account Number dari petugas. Silahkan membayar iuran pertama, bisa lewat Internet Banking, ATM ataupun langsung ke bank. 
Selesai membayar iuran, setor bukti pembayaran kepada petugas sesuai dengan tanggal yang telah diinformasikan sebelumnya. Setelah itu, barulah anak mendapatkan kartu BPJS. Ingat Moms, kartu BPJS barulah aktif atau bisa digunakan di puskemas atau rumah sakit tujuan setelah 7 hari ke depan. 

 
source: https://www.sepulsa.com

Nah, bagaimana? Cukup mudah kan, Moms! Yuk segera daftarkan BPJS kesehatan untuk anak Moms jika belum, ya!