1. Jangan Memaksa

Segala sesuatu yang dipaksakan tidak akan berakhir dengan baik dan damai. Sama halnya dengan menyapih. Kalau Moms memaksa anak untuk berhenti menyusu, misalnya dengan memarahinya dan mengancam, maka tentu saja anak akan menangis dan malah melawan Moms untuk terus-menerus meminta disusui. Kalau proses menyapih belum berhasil, maka cobalah lebih bersabar. Cari tahu kenapa belum berhasil. Bisa saja salah satunya karena anak belum siap dan berada dalam kondisi mental yang tidak baik seperti sedih dan tidak mau jauh kehilangan 'momen menyusu' dari sang ibu. 
 
source: https://excellentnannyservice.com

 

2. Hindari Menitipkan Anak

Banyak ibu menyusui berpendapat kalau berada jauh dari anaknya, maka proses menyapih akan berlangsung sukses. Padahal hal ini malah menambah tekanan pada sang anak. Menitipkan anak pada saudara dan keluarga dekat akan membuat anak untuk beradaptasi lagi dengan lingkungan baru. Selain itu, tanpa ibu di sisinya anak akan merasa tidak nyaman. Menitipkan anak selama proses menyapih malah akan membuatnya menanggung beban berat, jauh dari ibu, beradaptasi dengan lingkungan baru dan kehilangan ASI sekaligus. 
 
source: https://money.usnews.com

 
baca juga

3. Tidak Konsisten

Coba ingat-ingat kembali, kenapa selama ini Moms tidak berhasil menyapih anak? Apakah proses menyapih sudah dilakukan dengan konsisten? Artinya, apakah Moms pernah menawarkan ASI untuk menenangkan anak karena ia menangis, marah dan terjatuh. Hmm... daripada melakukan hal itu, sebaiknya Moms menawarkan sesuatu hal yang lain kepada anak, seperti mengalihkan perhatiannya pada mainan favoritnya, melakukan sesuatu yang mengasyikkan, ataupun membelikannya camilan untuknya. 
 
source: https://www.pinterest.com

 

4. Mengoleskan Sesuatu pada Payudara

Meski ada yang berhasil, tapi banyak juga yang mengalami kegagalan menyapih anak akibat mengoleskan sesuatu pada puting payudara seperti pare yang pahit, atapun menutupi puting dengan payudara. Alih-alih sukses, tindakan ini malah akan membuat anak merasa ditolak saat menyusu. Penolakan bisa berdampak pada mental anak lho, Moms. Ia bisa merasa tidak dicintai dan hal itu akan dirasakannya dalam waktu yang lama. Menyapihlah dengan cinta, bukan malah meninggalkan trauma dalam diri anak. 
 
source: https://www.bubhub.com.au