Senam Kegel

Salah satu olahraga yang sering disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah senam kegel. Olahraga ini berguna melatih otot panggul sehingga lebih siap saat proses persalinan. Selain itu, senam kegel juga berguna melatih otot di sekitar uretra, rahim, rektum dan juga kandung kemih yang baik untuk ibu hamil.

source: http://infobaby.org


 

baca juga

Yoga

Selain kesehatan fisik, ibu hamil juga perlu menjaga kesehatan mentalnya. Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa membantu ibu hamil menjaga kesehatan fisik dan mental sekaligus. Dengan gerakan meditasi dalam yoga, ibu hamil bisa mengatur pernafasan agar lebih tenang ketika menyambut persalinan.

source: http://www.health.harvard.edu


 

Jalan Santai

Kalau kamu ingin melakukan olahraga sekaligus menikmati udara segar, jalan santai bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun terdengar mudah, tapi jalan santai bisa menjadi tantangan tersendiri bagi wanita yang sedang hamil. Jika terlalu lama berjalan, kaki wanita hamil bisa menjadi bengkak. Karena itu, sebaiknya cukup lakukan olahraga ini dengan durasi yang singkat, yakni sekitar 30 menit.

source: http://www.top10homeremedies.com


 

baca juga

Renang

Renang merupakan olahraga yang paling aman untuk dilakukan saat hamil. Tekanan dalam air bisa membantu ibu hamil lebih mudah bergerak sehingga mengurangi risiko cedera. Olahraga renang juga baik untuk tulang punggung dan kaki ibu hamil yang biasanya terasa pegal karena menanggung beban yang berat. Bukan cuma itu, renang juga berguna menjaga kesehatan jantung ibu dan bayi dalam kandungan lho.

source: https://www.whattoexpect.com


 

Stretching

Stretching atau peregangan otot merupakan bentuk olahraga saat hamil yang penting untuk dilakukan setiap hari. Ketika hamil, beban yang bertambah pada perut akan menyebabkan beberapa masalah untuk otot dan tulang kita. Stretching dapat membantu agar otot menjadi lebih relaks dan terhindar dari kram serta pegal-pegal. Strectching pada wanita hamil cukup dilakukan selama 10-15 menit setiap pagi. Jika perut sudah mulai besar, cukup lakukan gerakan stretching yang mudah dan dengan hati-hati.

source: http://www.fisiohogar.com