1. Beda kelamin, beda pula pola pengasuhan

Jenis kelamin anak kembar tidak selalu sama, banyak di antara mereka terlahir dengan jenis kelamin yang berbeda. Maka dari itu, orang tua harus segera menyadari betapa pentingnya pendidikan seksual sejak dini. Artinya, walaupun anak memiliki kedekatan emosional dengan saudara kembarnya, tetapi ada batasan yang harus dijaga berkaitan dengan perbedaan jenis kelamin tersebut. Ketika anak kembarmu sudah beranjak semakin besar, sebagai orang tua kamu bisa mulai menempatkan mereka di kamar yang terpisah ya, Moms. Selain masalah seksual, orang tua juga harus memahami bahwa kemampuan motorik anak kembar juga berbeda. Anak laki-laki biasanya akan lebih cepat belajar berjalan dibandingkan dengan saudaranya yang perempuan atau cara menulis anak perempuan biasanya jauh lebih halus daripada saudaranya yang laki-laki. Maka dari itu, agar kelak anak tidak mengalami kebingungan, orang tua memiliki peranan penting untuk bisa memberikan pemahaman bahwa dalam hal-hal tertentu ada perbedaan mendasar berkaitan dengan kemampuan di antara anak perempuan dan laki-laki, dan tidak membanding-bandingkan keduanya.

Mendidik Anak Kembar Memang Penuh Tantangan Moms, Ini Tipsnya!
source: https://www.freepik.com

2. Di sekolah, sebaiknya duduk dipisah

Memisah tempat duduk anak kembar ketika berada di sekolah adalah hal yang baik. Hal ini bertujuan untuk melatih keberanian serta rasa percaya diri anak. Tidak hanya itu, memisah bahkan seandainya mungkin menyekolahkan anak di sekolah yang berbeda, rupanya mampu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak, serta menghindarkan anak dari rasa rendah diri dan ketergantungan jika seandainya nanti tidak bisa sebaik saudaranya dalam mengikuti mata pelajaran.

Mendidik Anak Kembar Memang Penuh Tantangan Moms, Ini Tipsnya!
source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Tidak harus selalu sama

Meski kembar, namun anak-anakmu tidak selalu harus disamakan. Contohnya, pembelian barang-barang atau pun baju. Secara visual memang sangat menggemaskan melihat anak kembar mengenakan baju yang sama. Akan tetapi, sebisa mungkin kebiasaan ini tidak sering dilakukan, sebab dengan tidak memberikan barang yang selalu sama dapat membantu anak membentuk karakter mereka, dengan kata lain anak diberi kebebasan untuk memilih sesuatu sesuai dengan minatnya, Moms.

Mendidik Anak Kembar Memang Penuh Tantangan Moms, Ini Tipsnya!
source: https://www.freepik.com

Itulah beberapa tips dalam mengasuh dan mendidik anak kembar Moms. Semoga bermanfaat ya!