Jika Moms kerap kesulitan dalam mendidik dan mengajar anakmu, tidak ada salahnya kamu dan pasangan mencoba teknik hypnoparenting. Teknik ini merupakan salah satu teknik mengasuh anak dengan memanfaatkan teknik hipnosis. Hypnoparenting merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “hipnosis” dan “parenting”. Dengan menggunakan teknik hipnosis dalam mengasuh anak, kamu bisa mensugesti anak untuk melakukan hal-hal positif yang kamu dan pasangan inginkan. Anak juga bisa menerima pelajaran dari orang tua dengan lebih mudah.

Tips Mendidik Anak dengan Hypnoparenting, Mau Coba?
source: https://www.freepik.com

Hypnoparenting dapat dilakukan dengan cara yang mudah, melalui perkataan pada anak dan juga bisa melalui perbuatanmu yang dilihat anak sehari-hari.

Berikut contohnya:

  • Katakan selalu bahwa ia anak yang hebat, puji dan hargai setiap usahanya. Contoh: Katakan pada anak “Anak Mama pasti bisa mengerjakan soal ujiannya dan dapat nilai bagus” bukan “Kerjakan soalnya yang benar ya, jangan sampai dapat nilai jelek”.

  • Selalu gunakan kata-kata positif setiap kali kamu atau pasangan berbicara dengan si kecil. Sebisa mungkin, hindarilah penggunaan kata-kata negatif, seperti kata “tidak”, “tanpa”, dan “jangan”. Contoh: sebaiknya gunakan kalimat “Sekarang waktunya bereskan kamarmu supaya rapi” daripada “Coba bereskan kamarnya agar tidak berantakan”. Katakan dengan halus dan lembut, sembari melihat mata anakmu dan merangkulnya.

  • Bisikkan kalimat-kalimat positif atau cerita positif pada anak menjelang tidur. Saat anak mengantuk di mana otak anak sedang rileks, ini adalah waktu yang tepat untuk menyugesti anak dengan kalimat atau cerita positif. Kalimat atau cerita positif ini akan diterima oleh alam bawah sadar anak, sehingga anak lebih mudah untuk mengikuti apa yang kamu mau. Cerita positif tentang pantang menyerah, mengasihi sesama, rajin belajar, dan sebagainya dapat menjadi gambaran positif bagi anak dalam menghadapi masalah di kehidupannya.

Tips Mendidik Anak dengan Hypnoparenting, Mau Coba?
source: https://www.freepik.com

Itulah tentang sekilas penjelasan tentang teknik hypnoparenting dalam mendidik anak. Selamat mencoba bersama Dads ya, Moms!