1. Keluarga Mengikuti Program KB atau Keluarga Berencana

Setelah menikah, indikator keluarga sehat adalah keluarga yang suami atau istri atau bahkan keduanya terdaftar sebagai peserta keluarga berencana (KB) atau memakai alat kontrasepsi.

2. Ibu Melakukan Proses Persalinan di Fasilitas Kesehatan

Jika di keluarga ada seorang ibu pasca bersalin yaitu usia bayi 0 sampai 12 bulan, maka persalinan ibu tersebut dilakukan di puskesmas, klinik atau rumah sakit.

3. Bayi Mendapat Imunisasi Dasar Lengkap

Indikator keluarga sehat adalah ketika di dalam sebuah keluarga terdapat anak (usia 1-2 tahun), telah mendapatkan imunisasi HB0, BCG, DPT-HB1, DPT-HB2, DPT-HB3, Polio1, Polio2, Polio3, Polio4 dan Campak.

4. Bayi Diberi ASI Eksklusif Selama 6 Bulan

Jika di keluarga terdapat bayi usia di bawah 6 bulan hingga 18 bulan, bayi tersebut selama 6 bulan pertama (usia 0-6 bulan) hanya diberi air susu ibu (ASI) saja atau ASI eksklusif.

5. Pertumbuhan Balita Dipantau Tiap Bulan

Jika di keluarga ada seorang balita, maka balita tersebut setiap dilakukan penimbangan berat badan untuk dicatat di Posyandu atau pun rumah sakit.

Inilah 12 Indikator Keluarga Sehat yang Moms Harus Tahu
source: https://freepik.com

6. Penderita Tuberkulosis atau TB Paru Berobat Sesuai Standar

Jika di keluarga terdapat anggota keluarga usia lebih dari 15 tahun, menderita batuk sudah 2 (dua) minggu berturut-turut belum sembuh atau didiagnosis sebagai penderita Tuberkulosis (TB) Paru, penderita tersebut berobat sesuai dengan petunjuk dokter atau petugas kesehatan.

7. Penderita Hipertensi Berobat Teratur

Jika di keluarga terdapat anggota keluarga usia lebih dari 15 tahun yang berdasar pengukuran adalah penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), ia berobat sesuai dengan petunjuk dokter/petugas kesehatan.

8. Tidak Ada Anggota Keluarga yang Merokok

Tidak ada seorang pun anggota keluarga yang sering atau kadang-kadang menghisap rokok atau produk lain dari tembakau. Atau bisa juga anggota keluarga yang merokok sudah berhenti merokok.

9. Sekeluarga Menjadi Anggota JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) atau Asuransi Kesehatan

Yaitu apabila seluruh anggota keluarga sudah mempunyai kartu keanggotaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan atau kartu anggota asuransi kesehatan lainnya.

10. Keluarga Mempunyai Akses Terhadap Air Bersih

Jika keluarga memiliki akses air leding PDAM atau sumur pompa, atau sumur gali, atau mata air terlindung untuk keperluan sehari-hari.

Inilah 12 Indikator Keluarga Sehat yang Moms Harus Tahu
source: https://freepik.com
baca juga

11. Keluarga Mempunyai Akses atau Menggunakan Jamban Sehat

Jika keluarga memiliki atau menggunakan sarana untuk membuang air besar (kakus) berupa kloset atau leher angsa atau plengsengan.

12. Gangguan Jiwa Berat Tidak Ditelantarkan

Jika di keluarga terdapat anggota keluarga yang menderita gangguan jiwa berat, penderita tersebut diobati, tidak ditelantarkan dan atau dipasung.

 

Inilah 12 Indikator Keluarga Sehat yang Moms Harus Tahu
source: https://freepik.com

Nah, itulah beberapa indikator keluarga sehat. Wah, ternyata cukup banyak dan juga kompleks, ya! Namun, kesemua hal itu memang penting untuk diperhatikan dan dijaga, agar keluarga kita selalu sehat baik secara fisik maupun psikologis ya, Moms.

Jangan lupa Moms, perhatikan juga kebersihan rumah agar keluarga tetap sehat. Rumah yang jarang dibersihkan bisa mengancam keluarga sehat loh! Untuk tips sederhananya, Moms bisa klik di sini. Semoga bermanfaat!