Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Serviks


Kanker rahim atau yang juga populer dengan sebutan kanker kandungan merupakan sejenis tumor ganas yang menyerang lapisan jaringan pada organ rahim atau yang biasa disebut dengan Endometrium. Sedangkan kanker serviks yang lebih populer dengan sebutan kanker mulut rahim adalah kanker yang menyerang bagian mulut rahim wanita. Kanker serviks inilah yang paling banyak menjadi penyebab kematian wanita. Nah, yang perlu kamu pahami, rahim sendiri terdiri atas tiga bagian, yaitu leher rahim, badan rahim, dan dua saluran telur.

Kanker Rahim
 

Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Serviks
source: https://www.sensiclo.com/



 


Kanker Serviks
 

Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Serviks
source: https://www.aryanto.id/


 

baca juga


Usia Penderita

Kedua kanker tersebut memiliki anatomi yang berbeda. Kamu juga bisa mengamati dari beberapa aspek, seperti misalnya usia penderita. Kanker serviks biasanya menimpa wanita dengan usia kurang lebih 30-40 tahun, sedangkan kanker rahim biasanya menimpa wanita yang telah melalui masa menopause atau yang sedang mendekati masa menopause.

 

Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Serviks
source: https://alfahir.hu/


 


Penyebab Kanker

Kanker serviks terjadi akibat adanya infeksi dari virus Human Papillomavirus (HPV), sedangkan kanker rahim terjadi akibat adanya perubahan pada selaput rahim. Selain itu, kanker rahim juga diindikasi terjadi akibat adanya suatu peningkatan dari kadar hormon estrogen. Tidak hanya itu, riwayat obesitas dan diabetes juga dapat memicu potensi terjangkitnya kanker pada seorang wanita. 
 

Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Serviks
source: https://www.hindustantimes.com/


 

baca juga


Wanita yang Berisiko Terkena Kanker :

Nah, untuk dapat melakukan pencegahan dini, kamu perlu memahami lebih dalam ciri-ciri wanita seperti apa yang berisiko terkena kanker. 

  1. Wanita yang tidak mempunyai anak
  2. Wanita yang dengan berat badan berlebih
  3. Wanita yang sudah memasuki masa menopause
  4. Wanita yang yang datang bulan pertamanya lebih cepat dari usia 12 tahun
  5. Wanita yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau hipertensi
  6. Wanita yang sering melakukan pola hidup tidak sehat yang dapat memicu berkembangnya sel kanker dalam tubuh.
Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Serviks
source: https://sindonews.net/


Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai perbedaan kanker rahim dan kanker serviks. Semoga bermanfaat ya Moms!